Imbas Brexit, Peringkat Utang Inggris Diturunkan

Kompas.com - 25/09/2017, 13:07 WIB
Kelompok pro Britain Exit (Brexit) yang memilih leave melemparkan ciuman ke udara, Jumat (24/6/2016), sebagai tanda suka cita setelah hasil referendum Uni Eropa yang digelar hari sebelumnya menunjukkan bahwa Inggris keluar dari blok tersebut (Brexit). AP/M DunhamKelompok pro Britain Exit (Brexit) yang memilih leave melemparkan ciuman ke udara, Jumat (24/6/2016), sebagai tanda suka cita setelah hasil referendum Uni Eropa yang digelar hari sebelumnya menunjukkan bahwa Inggris keluar dari blok tersebut (Brexit).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Moody's Investors Service menurunkan peringkat utang Inggris.

Langkah ini diambil terkait kekhawatiran mengenai pembiayaan publik Inggris dan kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit dapat menghancurkan pertumbuhan ekonomi negara itu.

Seperti dilansir dari BBC, Senin (25/9/2017), peringkat utang Inggris diturunkan dari Aa1 menjadi Aa2. Moody's menyatakan, meninggalkan Uni Eropa akan menimbulkan ketidakpastian ekonomi bagi Inggris ketika rencana pengurangan utang negara itu sudah di luar jalur.

Menanggapi penurunan peringkat itu, pemerintah Inggris menyatakan asesmen yang dilakukan Moody's terkait Brexit sudah "ketinggalan jaman." Beberapa lembaga pemeringkat terkemuka sudah mengubah peringkat utang Inggris pada tahun 2016 lalu.

Standard & Poor's menurunkan peringkat utang Inggris sebanyak dua poin dari AAA menjadi AA. Adapun Fitch Ratings menurunkan peringkat Inggris dari AA+ menjadi AA.

Menurut Moody's, pendapatan Inggris kemungkinan tidak bisa mengompensasi belanja yang tinggi. Pemerintah Inggris, kata Moody's, telah menaikkan belanja pada beberapa area tertentu.

Moody's menyatakan, kesepakatan perdagangan bebas apapun yang terjadi di Inggris akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dinegosiasikan. Sehingga, hal ini menimbulkan ketidakpastian bagi bisnis. Moody's mencopot predikat bergengsi Inggris, yakni AAA pada tahun 2013 silam. 



Sumber BBC

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X