Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Incar Mahasiswa Jadi Investor

Kompas.com - 08/10/2017, 16:55 WIB
|
EditorAmir Sodikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi investor sejak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi bukanlah hal sulit. Saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) teleh bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi untuk menyediakan fasilitas galeri investasi.

Hal ini dilakukan untuk menjaring kalangan mahasiswa untuk menjadi investor di pasar modal. Galeri investasi juga bertujuan meningkatkan literasi mahasiswa terhadap dunia pasar modal.

"Kami mudah (ajak mahasiswa). Karena informasi (pasar modal) sekarang sudah bisa diakses di manapun," ujar Kepala Divisi Pengembangan Investor Bursa Efek Indonesia Erna Dewayani saat acara kampenye Yuk Nabung Saham di area Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2017).

Menurutnya, saat ini, BEI mempunyai 306 galeri investasi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dan secara rutin melakukan edukasi dan beli saham ramai-ramai di universitas.

Erna mengatakan, ada berbagai manfaat dan keuntungan jika mahasiswa sudah menjadi investor di pasar modal. Selain bisa memahami seluk beluk bursa saham, nantinya mahasiswa bisa menjadi seorang investor yang andal, karena sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang ditanamkan sejak kuliah.

Baca juga: BEI Buka Galeri Investasi Ke-241 di UMN

"Investasi, berarti punya perusahaan. Ini karena investasi yang kita sarankan untuk mahasiswa adalah jangka panjang ke depan, mereka enggak perlu ragu lagi kalau memang mereka secara dini sudah mulai investasi," ujarnya.

Erna mengatakan, seiring perkembamgan teknologi dan gaya hidup, untuk saat ini kondisi keuangan mahasiswa telah berubah. Menurutnya mahasiswa saat ini banyak yang tidak lagi kesulitan soal keuangan, sebab sudah memiliki bisnis atau usaha pribadi.

"Mahasiswa sekarang beda dengan yang dulu. Saat ini mereka cari duit banyak sekali (caranya). Kalau tadi kita lihat di sepanjang jalan (Car Free Day) mereka jual makanan minuman, mereka jadi punya tabungan, untuk saham," jelasnya.

Sebelumnya, guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam hal investasi khususnya investasi saham, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bersama Bursa Efek Indonesia dan PT Phillips Securities meresmikan Galeri Investasi UMN.

Baca juga: Bangun Galeri Investasi Online di Jayapura, BEI Perluas Edukasi

Dengan hadirnya Galeri Investasi tersebut mahasiswa bisa langsung ikut serta merasakan melakukan investasi dengan intrumen saham, melakukan analisis terhadap saham-saham yang menjadi pilihan investor.

Selain itu, dapat juga mengikuti perkembangan tren ekonomi, bisnis, keamanan, sosial yang berefek pada dinamika pergerakan saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.