Kompas.com - 09/10/2017, 05:37 WIB
Presiden AS Donald Trump. AFP/Getty ImagesPresiden AS Donald Trump.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Dua resor golf milik Presiden AS Donald Trump di Skotlandia dilaporkan menderita kerugian sebesar 19 juta pondsterling sepanjang tahun 2016.

Dalam laporan keuangannya, Menie Estate di Aberdeenshire merugi 1,4 juta poundsterling, sementara Turnberry di Ayrshire merugi 17,6 juta poundsterling.

Mengutip BBC, Senin (9/10/2017), Trump mengalihkan kendali atas resor-resor golf miliknya kepada kedua putranya, Donald Trump Jr dan Eric Trump sebelim menjabat Presiden AS. Namun demikian, ia tetap menerima keuntungan finansial.

Kerugian yang diderita Turnberry disebabkan resor tersebut ditutup selama enam bulan untuk renovasi. Selain itu, kerugian sebesar 8 juta poundsterling juga disebabkan fluktuasi nilai tukar poundsterling pada tahun 2016.

Pendapatan kedua resor golf milik Trump juga anjlok 21 persen menjadi 9 juta poundsterling pada tahun 2016 lalu. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, pendapatan tercatat sebesar 11,4 juta poundsterling.

Amanda Miller, juru bicara Trump Organization, menolak berkomentar terkait kinerja keuangan tersebut. Dalam laporan kinerja keuangan, tercatat kerugian naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam laporan keuangan tersebut, Eric Trump menyertakan surat yang menunjukkan keyakinan bahwa kedua resor golf tersebut akan memikat banyak pegolf.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Eric, Turnberry telah menerima ulasan-ulasan luar biasa dari para tamu dan pembukaan kembali resor tersebut menjadi penanda era baru bagi perusahaan.

Namun demikian, pengembangan resor golf tersebut telah menerima tentangan sejak hadir di Skotlandia 12 tahun silam.

Beberapa warga yang tinggal di dekat rencana proyek resor kedua di Laut Utara menyatakan telah menjadi korban "taktik perundungan" agar pengembangan berlanjut.

Meski begitu, sejumlah warga juga menyatakan menyambut baik kehadiran resor golf tersebut. Menurut mereka, resor itu mendorong pariwisata dan meningkatkan perekonomian lokal.

Trump sendiri memiliki ikatan yang kuat dengan Skotlandia. Sang ibu, Mary MacLeod, lahir di Isle of Lewis, Skotlandia pada tahun 1912 silam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.