Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga September 2017, Ekspor China ke Korea Utara Naik 20,9 Persen

Kompas.com - 24/10/2017, 10:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

BEIJING, KOMPAS.com - Ekspor China ke Korea Utara meningkat 20,9 persen secara tahunan hingga kuartal III 2017. Hal ini berdasarkan data bea cukai China.

Mengutip CNBC, Selasa (24/10/2017), pada Januari hingga September 2016, nilai ekspor China ke Korea Utara mencapai 2,55 miliar dollar AS. Adapun pada periode yang sama, impor China dari Korea Utara turun 16,7 persen.

Namun demikian, baik ekspor maupun impor antara kedua negara tersebut turun pada bulan September 2017 dibandingkan bulan sebelumnya. Ekspor China ke Korea Utara turun dari 315,97 miliar dollar AS menjadi 266,35 juta dollar AS.

Selain itu, impor dari Korea Utara turun dari 288,29 juta dollar AS menjadi 145,82 juta dollar AS. Data perdagangan tersebut sejalan dengan dorongan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk menjatuhkan sanksi ekonomi ketat bagi Korea Utara.

Pyongyang saat ini menggencarkan program senjata nuklirnya. Tidak hanya itu, Pyongyang pun secara verbal mengancam untuk menyerang sejumlah negara.

Bulan lalu, Beijing mengumumkan rencananya untuk melarang perdagangan dengan Pyongyang pada beberapa produk penting, termasuk tekstil, makanan laut, dan produk-produk minyak. Hal ini sejalan dengan resolusi PBB.

Presiden China Xi Jinping juga melarang lembaga-lembaga keuangan China melakukan bisnis dengan klien-klien Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com