Kurangi beban Jalan, 2.000 Truk Rute Surabaya-Jakarta akan Diangkut Kapal Ro-Ro

Kompas.com - 26/10/2017, 16:06 WIB
Ilustrasi: Kapal Ro-Ro di Dermaga VI, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (22/6/2017). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi: Kapal Ro-Ro di Dermaga VI, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (22/6/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan mengalihkan operasional truk logistik rute Jakarta-Surabaya dari jalur darat menjadi jalur dengan menggunakan kapal Ro-Ro.

Untuk tahap awal, sebanyak 2.000 truk akan diakut menggunakan kapal Ro-Ro. Saat ini, kata dia, terdapat 12.000 ribu truk logistik yang beroperasi rute Jakarta-Surabaya.

"Target pertama kali 30 persen atau 2.000 truk. Dengan jumlah itu membutuhkan 10 kapal Ro-Ro," ujar Budi Karya saat ditemui di Hotel Akmani, Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini, pengalihan operasional truk logistik untuk merawat kondisi jalan agar tidak rusak.

Truk logistik disinyalir menjadi salah satu penyebab jalan rusak, karena banyak yang melebihi batasan muatan yang sebenarnya.

"Saat ini kan kebanyakan truk terlalu berat atau overloading. Misalnya kapasitas truknya 15 ton tetapi angkut 30 ton, hal ini yang merusak. Ini kan buat jalan tidak terlalu baik," kata dia.

Budi Karya menambahkan, saat ini terdapat dua rute kapal Ro-Ro yang telah mengangkut truk logistik. Dua rute tersebut yakni, Jakarta-Panjang, Surabaya-Lembar.

"Jadi truk dari Surabaya mau ke Lombok tidak lewat Bali lagi. Pokoknya, kami upayakan truk diangkut kapal Ro-ro," pungkas dia.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X