Sri Mulyani: Negara Dzalim Jika Hilangkan Karakter Generasi Millenial

Kompas.com - 26/10/2017, 19:24 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers seusai Hari Oeang, di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017). Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers seusai Hari Oeang, di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ada tiga karakter yang dimiliki oleh generasi millenial, yakni connected, confident, dan creative. Tugas pemerintah dalam hal ini adalah bagaimana membuat 3C yang menjadi karakter generasi millenial menjadi sebuah aset, bukanlah disaster atau bencana.

"Kalau dalam hal ini, 3C yang merupakan power mereka dikurung oleh regulasi, maka negara itu sebenarnya mendzalimi. Kalau (negara) mau melakukan pengaturan yang menghilangkan 3 karakter dari generasi muda itu," kata Sri Mulyani, pada Seminar Hari Oeang, di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat , Kamis (26/10/2017).

Pemerintah perlu memikirkan bagaimana karakter 3C dari generasi millenial ini dapat menciptakan sebuah aset dalam bentuk kreativitas, produksi, maupun aktivitas ekonomi. Hal itu dapat membuat masyarakat Indonesia semakin makmur, sejahtera, dan adil. Sri Mulyani mengungkapkan keadilan penting, karena teknologi membuat terjadinya kesenjangan ekonomi.

"Dalam konteks orang Indonesia, orang yang bisa pertama menikmati aplikasi, itu adalah orang yang punya daya beli untuk membeli smartphone. Berarti kesenjangan ekonomi akan menghilangkan mereka yang tidak memiliki daya beli untuk bisa menikmati itu," kata Sri Mulyani.

Kemudian, pemerintah juga harus dapat menyediakan akses listrik. Sebab, masyarakat yang berada di fasilitas yang teraliri listrik, mereka tidak bisa menjadi generasi millenial yang memiliki karakter 3C tersebut. Dia berharap, generasi millenial tidak hanya menjadi user. Namun juga menyumbangkan ide dan menjadi seorang kreator. "Tapi ini hanya muncul dari orang-orang yang memiliki kapasitas intelektual dan kreativitas," kata Sri Mulyani.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X