Bank Utama Jepang Pangkas Sepertiga Tenaga Kerja untuk Diganti Robot

Kompas.com - 31/10/2017, 18:22 WIB
Sophia, Robot Canggih Yang Hadir dalam Rapat PBB Rizky.C.Septania/Doc.UNSophia, Robot Canggih Yang Hadir dalam Rapat PBB
|
EditorAprillia Ika

JEPANG, KOMPAS.com - Bank utama Jepang, Mizuho Financial Group, mempertimbangkan untuk mengurangi sekitar sepertiga tenaga kerja globalnya dalam kurun waktu 10 tahun.

Hal itu dilakukan, karena bank tersebut akan menggantikan pekerjaan manusia dengan teknologi.

Mengutip surat kabar Yomiuri menulis, pihak Mizuho mengatakan akan memangkas19.000 pekerjaan dari daftar sekarang, yang akan berdampak pada 60.000 karyawan di Jepang dan luar negeri. 

Sementara menurut surat kabar Asahi, pemangkasan tenaga kerja tersebut terjadi seiring penutupan 30 cabang Mizuho di Jepang, dari total sekitar 800 cabang yang ada.

(Baca: Di AS, 6 Juta Pekerjaan Ritel Terancam Digantikan Robot)

Saat dikonfirmasi oleh AFP, pada Senin (30/10/2017) waktu setempat, juru bicara Mizuho di Tokyo menolak berkomentar dan mengatakan bahwa perusahaan saat ini sedang membahas berbagai isu.

Sebelumnya, pada September lalu saingan Mizuho yakni UFJ Financial Group mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengurangi sekitar 9.500 pekerjaan, atau sekitar seperempat dari angkatan kerjanya, dalam waktu tujuh tahun.

Raksasa perbankan Sumitomo Mitsui pada Mei lalu juga mengatakan akan mengurangi 4.000 pekerja hingga Maret 2021 dan menggantinya pada teknologi atau robot.

Kompas TV Robot dengan Kecerdasan Buatan Hasilkan Obat Baru

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AFP

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X