Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akomodasi Pesawat Berbadan Besar, "Runway" Bandara Soekarno-Hatta Ditebalkan

Kompas.com - 01/11/2017, 08:00 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II tengah melakukan proses penebalan atau overlay landasan pacu (runway) sebelah utara di Bandara Soekarno-Hatta.

Penebalan ini dilakukan untuk mendukung operasional penerbangan pesawat berbadan besar, salah satunya pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-London yang resmi beroperasi pada 31 Oktober 2017 kemarin.

"Penebalan runway dengan nilai investasi sebesar Rp 310 miliar ini ditargetkan tuntas pada awal semester II/2018, di mana hal ini menjadi bagian dari pengembangan east cross taxiway dan pendukung rencana pergerakan pesawat sebanyak 86 pergerakan per jam atau program improve runway capacity atau IRC-86," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (31/10/2017) malam.

Awaluddin menjelaskan, proses penebalan runway dilakukan secara bertahap hingga nilai pavement classification number (PCN) menjadi 131. Dengan nilai PCN tersebut, runway dipastikan bisa mengakomodasi bobot pesawat berbadan besar seperti Boeing 777.

AP II mencatat Pada kuartal III/2017, jumlah pergerakan penumpang di 13 bandara yang dikelola perseroan sebanyak 77,82 juta atau naik sekitar 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Khusus Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang pada Januari-September 2017 mencapai 46,74 juta atau naik sekitar 8% dibandingkan dengan Januari-September 2016 yakni 43,24 juta.

Untuk jumlah pergerakan pesawat di seluruh bandara yang dinaungi AP II juga bertambah sekitar 15 persen atau setara dengan 614.218 pergerakan pada kuartal III 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com