Suku Bunga The Fed Sementara Bertahan, Tapi Bisa Naik di Desember

Kompas.com - 02/11/2017, 08:47 WIB
Gedung Federal Reserve cnn moneyGedung Federal Reserve
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve ( The Fed) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di kisaran 1 persen hingga 1,25 persen pada Rabu (1/11/2017) malam waktu setempat atau Kamis (2/11/2017) waktu Indonesia barat.

Walaupun begitu, peluang untuk kenaikan suku bunga masih terbuka pada Desember mendatang.

Di Rabu malam, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menyatakan untuk mempertahankan pandangan positif mengenai keadaan ekonomi saat ini.

Kelompok pembuat kebijakan bank sentral ini menyebut pasar tenaga kerja AS terus menguat dan aktivitas ekonomi meningkat pada tingkat yang solid, meskipun ada gangguan terkait badai.

(Baca: Suku Bunga The Fed Tetap, Emas Menguat)

Badai yang melanda kawasan pantai selatan AS dinilai tidak mungkin secara material mengubah jalannya ekonomi nasional dalam jangka menengah.

Pekan lalu, Departemen Perdagangan AS melaporkan perekonomian AS tumbuh 3,0 persen pada kuartal ketiga tahun ini, sedikit lebih rendah dari kuartal sebelumnya 3,1 persen.

"Dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 3 persen, tingkat pengangguran 4,2 persen, dengan kondisi moneter yang sangat mudah dan ekspektasi kenaikan inflasi yang sederhana, semuanya membawa keyakinan mereka akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember," kata Michael Arone, Kepala strategi investasi di State Street Global Advisors, seperti dikutip dari CNBC, Kamis (2/11/2017).

Seperti diketahui, The Fed telah menaikkan suku bunga dua kali pada tahun ini sebagai bagian dari program normalisasi kebijakan moneter yang lamban namun stabil.

Meski AS berupaya memperketat kebijakan, namun kondisi ekonomi tetap longgar dan pasar saham Amerika menguat.

Ketua Baru

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X