Dirjen Bea Cukai: Perusahan KITE dan KB Gerakkan Ekonomi Regional

Kompas.com - 10/11/2017, 16:46 WIB
Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengatakan, pemberian fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) dan Kawasan Berikat (KB) memberikan kontribusi ekonomi kepada daerah lokasi kawasan itu berada.

Perusahaan yang menerima KITE dan KB memberikan kontribusi rata-rata Rp 61,2 triliun terhadap Pendapatan Domestrik Regional Bruto (PDRB) atau 16 persen dari total PDRB setempat.

“Persentase tersebut termasuk sangat besar dan membuktikan bahwa perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas KITE dan KB turut serta menggerakkan perekonomian regional,” kata Heru dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Hal itu berdasarkan pegukuran dampak ekonomi terhadap seluruh perusahaan penerima fasilitas  di empat daerah yaitu Bogor, Pasuruan, Boyolali, dan Semarang oleh Ditjen Bea Cukai dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dengan asistensi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain berkontribusi terhadap PDRB daerah, perusahaan penerima KITE dan KB juga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak. Per tahun 2016, tercatat hampir 400.000 tenaga kerja terserap oleh perusahaan penerima KITE dan KB.

Baca juga : Bawa Uang Tunai Rp 100 Juta atau Lebih, Wajib Lapor Bea Cukai

Untuk mendapatkan pengukuran yang lebih menyeluruh. Pada pertengahan November 2017, Bea Cukai akan memperluas ruang lingkup pengukuran dampak ekonomi ini ke perusahaan penerima KITE dan KB di seluruh Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil dari survei tersebut akan disampaikan ke Menteri Keuangan untuk dapat diteliti dan menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk merumuskan kebijakan yang benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.