Elektronifikasi Pembayaran Tol, BNI Targetkan 3 Juta "Tapcash" Beredar

Kompas.com - 20/11/2017, 14:08 WIB
Presiden Joko Widodo menggunakan TapCash BNI saat peresmian jalan tol Surabaya-Mojokerto dok BNIPresiden Joko Widodo menggunakan TapCash BNI saat peresmian jalan tol Surabaya-Mojokerto
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 31 Oktober 2017 lalu, seluruh transaksi pembayaran di gerbang tol dilakukan secara nontunai dengan menggunakan uang elektronik.

Pengguna tol dapat melakukan pembayaran dengan E-Money Bank Mandiri, Flazz BCA, Tapcash BNI, Brizzi BRI, dan Blink BTN.

SVP Information Technology PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Dadang Setiabudi menjelaskan, terjadi peningkatan penggunaan Tapcash BNI sejak elektronifikasi tol diberlakukan. Peningkatan penjualan Tapcash terjadi bahkan sejak sebelum 31 Oktober 2017.

"(Kenaikannya) dua kali lipat," kata Dadang di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Baca juga : BNI Siapkan 300.000 Kartu TapCash untuk Dibagikan Gratis

Menurut Dadang, hingga saat ini kartu Tapcash BNI yang sudah beredar mencapai 2,6 juta hingga 2,7 juta kartu. Ia menyebut, peningkatan penjualan sudah terjadi beberapa bulan sebelum elektronifikasi tol diberlakukan.

Dadang mengungkapkan, peningkatan tersebut terjadi lantaran masyarakat sudah mempersiapkan diri sebelum kebijakan diberlakukan. Sehingga, pada saat elektronifikasi resmi berlaku, mereka sudah memiliki uang elektronik untuk membayar tarif tol.

Untuk mendukung program elektronifikasi tol sendiri, BNI mempersiapkan 1,5 juta kartu Tapcash baru. Menurut Dadang, jumlah kartu Tapcash yang beredar diprediksi dua kali lipat lebih banyak dari angka tersebut.

"Sampai akhir tahun mungkin kami targetkan jadi 3 juta," jelas Dadang.

Untuk pengisian ulang saldo Tapcash, BNI telah menyediakan layanan mobile banking dan SMS banking. Tidak hanya itu, perseroan juga menyiapkan mesin electronic data capture (EDC) yang ditempatkan di gerbang tol.

"Kami siapkan sekitar 50 EDC di 50 titik, (di Jabodetabek dan) di luar Jabodetabek juga," terang Dadang.

Kompas TV Selasa (31/10/2017) seluruh gerbang pembayaran tol milik Jasa Marga secara resmi tidak melayani uang tunai alias hanya memakai uang elektronik.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.