Kisah Miliarder Termuda di Dunia yang Baru Berusia 27 Tahun

Kompas.com - 21/11/2017, 08:09 WIB
|
EditorErlangga Djumena

LONDON, KOMPAS.com - John Collison (27) ialah miliarder termuda di dunia yang memperoleh kekayaan dengan usahanya sendiri. Ia dan sang kakak, Patrick Collison (29) merupakan pendiri Stripe, perusahaan yang mengelola perangkat lunak lebih dari 100.000 perusahaan.

Stripe juga menangani pembayaran secara daring dan membantu memudahkan perusahaan mengelola laman.

Mengutip Independent, Selasa (21/11/2017), kekayaan Collison mencapai 1,1 miliar dollar AS.

Collison bersaudara tersebut berasal dari kota kecil di Irlandia.  Stripe memiliki investor-investor yang tersohor di seluruh dunia, antara lain Elon Musk (pendiri Tesla) dan Peter Thiel  (pendiri PayPal).

Tahun lalu, berkat pendanaan dari investor, valuasi Stripe mencapai 9,2 miliar dollar AS. Inilah yang membuat kekayaan John dan Patrick Collison melonjak dan menjadikan mereka miliarder.

Baca juga: Bagaimana Miliarder Bill Gates dan Warren Buffett Memanfaatkan Waktu Luang?

Namun demikian, meski sudah bergelimang harta dan diliputi kesuksesan, kakak beradik tersebut tetap rendah hati. John merasa kekayaan yang dimilikinya saat ini tidak membuat dirinya berubah sama sekali.

"Orang-orang bertanya apakah hidup saya berubah. Mereka bertanya terus, dan saya menjawab tidak ada apa-apa," ujar John.

John sempat mengenyam pendidikan di Harvard University, sementara Patrick di Massachusetts Institute for Technology (MIT), AS. Akan tetapi, keduanya memutuskan untuk keluar pada tahun 2011 dan fokus membangun Stripe.

John sendiri mengaku mendirikan bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah. Tujuan ia dan sang kakak adalah menciptakan produk yang benar-benar ingin dibeli oleh banyak orang.

Ada banyak perusahaan serupa Stripe yang membantu perusahaan lain dalam memproses pembayaran daring. Namun, Stripe tumbuh sangat pesat karena model bisnis yang sederhana dan bahasa coding yang sederhana pula.

Menurut John, perusahaan yang didirikannya sangat berkaitan erat dengan ekonomi daring. Pasalnya, kata dia, 5 persen belanja konsumen di seluruh dunia saat ini dilakukan dengan daring.

"Kami terkait dengan pertumbuhan ekonomi internet. Selama ekonomi internet terus tumbuh, maka Stripe akan terus tumbuh pula," jelas John.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.