AirNav: Bandara Bali dan Lombok Masih Normal

Kompas.com - 26/11/2017, 12:12 WIB
Lombok International Airport KOMPAS.com/ Karnia SeptiaLombok International Airport
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia ( AirNav Indonesia) mengatakan Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali dan Bandara Internasional Lombok masih tetap beroperasi normal.

"Bandara Bali dan Lombok, keduanya masih beroperasi normal sampai saat ini," terang Head of Corporate Communication AirNav Indonesia, Yohanes Sirait saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/11/2017).

Saat ini AirNav Indonesia terus memonitor keberadaan debu vulkanic di bandara Ngurah Rai dengan paper test Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC) dan koordinasi erat dengan BMKG, PVMBG/posko aktif.

Sebagai antisipasi, Kementerian Perhubungan, AirNav Indonesia dan instansi terkait sudah menyiapkan 10 bandara sebagai pilihan diversion.

Baca juga : Gunung Agung Erupsi Status Peringatan Penerbangan Merah

 

Kesepuluh bandara tersebut adalah Jakarta, Makassar, Surabaya, Balikpapan, Solo, Ambon, Manado, Praya, Kupang dan Banyuwangi. AirNav juga telah menyiapkan berbagai skenario lain bila aktivitas Gunung Agung semakin tinggi dan berbahaya.

Sebelumnya, Gunung Agung mengalami erupsi pada Sabtu (25/11) sore pukul 17.30 WITA dengan ketinggian abu mencapai 1.500 meter.

Erupsi yang terjadi sore itu tidak mengganggu operasional bandara di Bali dan Lombok.

Kendati demikian, ada sejumlah maskapai internasional yang memutuskan untuk mengalihkan dan membatalkan penerbangannya dari dan ke Bali. Pengalihan dan pembatalan penerbangan tersebut merupakan kebijakan masin-masing maskapai.

Penerbangan yang dialihkan adalah Jet Star JQ37 dialihkan ke Darwin dan kemudian kembali ke Melbourne, JQ127 dialihkan ke Darwin dan kemudian kembali ke Adelaide, serta VA055 dari Port Headland dialihkan ke Sidney.

Sedangkan penerbangan yang kembali ke bandara asal (RTB) adalah JQ35 kembali ke Melbourne, QF43 kembali ke Sidney dan KL835 kembali ke Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X