Layar Kubah, Edukasi tentang Astronomi di Sail Sabang

Kompas.com - 04/12/2017, 13:13 WIB
Para siswa SD tengah menunggu antrian masuk ke Layar Kubahdok Bekraf Para siswa SD tengah menunggu antrian masuk ke Layar Kubah
SABANG, KOMPAS.com - Setelah sukses menghadirkan Bioskop Misbar (gerimis bubar) dengan menayangkan sejumlah film lokal dan nasional yang berkelas, Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) mempersembahkan Layar Kubah sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan Sail Sabang 2017.
 
Layar Kubah yang merupakan media edukasi tentang planet dan tata surya bagi siswa-siswi SD di Kota Sabang ini digelar selama tiga hari, mulai Minggu (3/12/2017) hingga Selasa (5/12/2017) yang berlokasi di SMAN 1 Kota Sabang. Pengunjung yang hadir akan merasakan sensasi yang hampir sama ketika hadir di planetarium.
 
Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak mengatakan, penyelenggaran Layar Kubah tersebut berguna untuk menambah pengetahuan sekaligus pengalaman merasakan seolah olah berada di luar angkasa.
 
“Sebagaimana tahun lalu di Sail Karimata, kita menghadirkan Layar Kubah untuk menunjukkan kepada siswa SD dari kelas 4 sampai kelas 6, tentang merasakan experience berada di sebuah planetarium,” tambah Selliane.
 
 
Lebih lanjut Selliane mengatakan pengentahuan di dalam (layar kubah, red) adalah tentang benda-benda di luar angkasa. Para siswa akan tahu kapan manusia itu mendarat di bulan dan benda apa saja yang dibawa manusia di bulan.
 
Dalam menghadirkan mini planetarium ini, Bekraf bekerja sama dengan Ilmuwan Muda Indonesia (IMI), komunitas yang memiliki minat terhadap bidang astronomi. Seluruh SD di Sabang diundang dengan mengirimkan perwakilannya sebanyak 30 siswa. Termasuk siswa siswi SDN 1 Sabang yang mendapatkan kesempatan pertama menyaksikan film edukasi tentang astronomi ini . 
 
“Saya bisa melihat planet dan bintang bintang. Seru sekali (menonton, red) bareng teman-teman,” tutur Nabila, siswa kelas 6 SDN 1 Sabang.
 
Layar Kubah  adalah sebuah mobile planetarium yang dapat dibawa berpindah ke berbagai lokasi. Inti dari planetarium ini adalah kebearadaan proyektor 360 derajat yang menembakkan  gambar ke kubah secara penuh layaknya planetarium. 
 
Secara keseluruhan Layar Kubah merupakan bagian dari 16 subsektor ekonomi kreatif baik kontennya (film) dan medium yang digunakannya (seni pertunjukkan).
 
“Bekraf bertanggung jawab terhadap sektor-sektor yang berkaitan dengan hiburan untuk masyarakat, seperti film dan seni pertunjukkan,” ucap Wakil Kepala Bekraf, Ricky J. Pesik



EditorErlangga Djumena


Close Ads X