Ini Logo Gerbang Pembayaran Nasional

Kompas.com - 06/12/2017, 21:41 WIB
Logo Gerbang Pembayaran Nasional BANK INDONESIALogo Gerbang Pembayaran Nasional
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah menetapkan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Logo tersebut berupa desain berbentuk burung Garuda dan tulisan GPN yang dilekatkan dan tidak terpisahkan.

"Penetapan logo nasional merupakan identitas kedaulatan nasional di bidang sistem pembayaran ritel dan ditujukan untuk memperluas akseptasi instrumen pembayaran ritel non tunai yang dapat digunakan di seluruh merchant dalam negeri," tulis bank sentral dalam pernyataan resmi, Rabu (6/12/2017).

Bank sentral menyatakan, pemilihan desain berbentuk burung Garuda dan GPN mengandung filosofi burung Garuda yang terbang di atas Nusantara, melambangkan sistem pembayaran ritel Indonesia yang siap tumbuh, berkembang, dan siap berdaya saing dalam layanan transaksi elektronik nasional. Adapun slogan GPN adalah Aman, Andal, Terpercaya.

Logo nasional GPN wajib dicantumkan pihak yang terhubung dengan GPN seperti penerbit, acquirer, penyelenggara gerbang pembayaran, dan pihak lainnya yang ditetapkan BI pada setiap instrumen pembayaran yang diterbitkan. Ini seperti kartu debit atau kartu kredit atau ATM.

Baca juga: Apa Itu Gerbang Pembayaran Nasional?

Kartu tersebut digunakan hanya untuk transaksi domestik serta pada kanal pembayaran berupa ATM, electronic data capture (EDC), agen, gerbang pembayaran, dan/atau kanal pembayaran lainnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Maryono menyatakan, bank-bank BUMN akan menyesuaikan adanya perubahan logo tersebut. Semua bank nantinya akan menambahkan logo GPN pada kartu.

"Perubahan logo akan kita sesuaikan dari BI. Perubahan itu tinggal kartu saja," kata Maryono.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X