BI Jamin Ketersedian Uang Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 14/12/2017, 21:12 WIB
Warga menunjukkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia resmi meluncurkan uang NKRI tahun emisi 2016 dengan menampilkan 12 pahlawan nasional yakni 7 uang rupiah kertas dan dan 4 uang rupiah logam. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga menunjukkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia resmi meluncurkan uang NKRI tahun emisi 2016 dengan menampilkan 12 pahlawan nasional yakni 7 uang rupiah kertas dan dan 4 uang rupiah logam.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Eni Panggabean, menjamin ketersediaan uang tunai menjelang musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Pihaknya juga memastikan sudah mengedarkan uang tunai dalam berbagai pecahan guna melayani kebutuhan pembayaran di masyarakat.

"Pecahannya sebagian besar tahun emisi 2016, 65 persen. 35 persen di luar emisi tahun 2016. Kalau membutuhkan uang yang masih baru, kami sediakan dalam jumlah yang cukup," kata Eni kepada pewarta di gedung BI, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017).

Dia menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan kas siap edar sebesar Rp 194 triliun yang akan diedarkan ke seluruh wilayah Indonesia. Sampai saat ini, peredaran uang tunai dilakukan dengan menyasar 155 titik distribusi yang dimiliki oleh BI.

Baca juga : Di Venezuela, Jumlah Uang Beredar Melonjak 200 Persen

"Kami akan meningkatkan distribusi dan persediaan uang di kantor pusat dan kantor perwakilan BI," tutur Eni.

Untuk langkah teknisnya, BI saat ini sedang melaksanakan pengaturan dan penjadwalan pengiriman uang sejak November hingga akhir tahun nanti. Selain itu, BI juga mengoptimalkan peran kas titipan untuk distribusi uang dan penukaran serta menambah jumlah kas keliling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.