Ditutup Jokowi, IHSG Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Sejarah BEI

Kompas.com - 29/12/2017, 16:32 WIB
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menterinya saat menghadiri penutupan perdagangan 2017 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jumat (29/12/2017). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menterinya saat menghadiri penutupan perdagangan 2017 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jumat (29/12/2017).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2017. Penutupan perdagangan di BEI dilakukan di Main Hall BEI, Jumat (29/12/2017) pukul 16.00.

Sebelum secara resmi menutup perdagangan di BEI, Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada para pelaku pasar dan BEI. Pasalnya, mereka telah memberikan dedikasi yang tinggi untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia.

"Atas nama pemerintah saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi bagi para pelaku pasar atas dedikasi yang tinggi," kata Jokowi.

 Sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sendiri ditutup pada level tertinggi sepanjang sejarah perdagangan BEI, yakni pada level 6.355,65. Angka ini tercatat menguat sebesar 0,66 persen atau 41,61 poin.

Baca juga : Kembali Ukir Rekor, IHSG Tembus Level 6.300

Pada hari perdagangan terakhir di tahun 2017 ini terdapat 222 saham naik, 149 saham turun, dan 118 saham stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 28,38 triliun dengan volume 26,08 miliar saham.

Ketika mengumumkan posisi IHSG di hari terakhir perdagangan untuk tahun 2017, para tamu yang hadir langsung memberikan apresiasi. Menurut Jokowi, ini adalah angka yang sangat tinggi dan di luar prediksi.

Sepanjang tahun ini, IHSG terus mencatat penguatan hingga beberapa kali mengukir rekor. Hingga 28 Desember 2017, kapitalisasi pasar di BEI telah mencapai Rp 6.993 triliun dan penggalangan dana di pasar modal telah mencapai Rp 802 triliun.

Kompas TV Analis senior Infovesta utama Edberd Suryajaya menghitung, kenaikan indeks akan terbatas sampai akhir tahun.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.