Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Pasokan Listrik Asian Games 2018, PLN Disjaya Investasi Rp 71 Miliar

Kompas.com - 30/12/2017, 21:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN Distribusi Jakarta Raya menambah pasokan listrik 5 juta VA dengan nilai investasi Rp 71 miliar.

General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad mengatakan, proses penambahan daya itu salah satunya dilakukan pada gardu distribusi Senayan. Tujuannya untuk persiapan Asian Games 2018.

"Total dana yang diinvestasikan untuk penguatan pasokan listrik Asian Games 2018 Rp 71 miliar," kata Ikhsan dalam keterangan resmi, Sabtu (30/12/2017).

"Sekarang persiapan seluruh infrastruktur kelistrikan yang menyediakan pasokan listrik utama maupun cadangan sudah mencapai 90 persen. Selain pasokan dari sistem PLN, ada rencana menyediakan 8 unit genset sewa berkapasitas 1250 kVa per unit sebagai tambahan," ujarnya lagi.

Baca juga: Waspada Penipuan Lowongan Pekerjaan Atas Nama AP I dan PLN

Gardu distribusi Senayan merupakan salah satu sumber pasokan listrik utama untuk beberapa venue pada Asian Games 2018 yakni VIP Barat, VIP Timur, Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Aquatic Venue, Tenis Indoor Senayan, dan infrastruktur kawasan.

Proses penambahan daya pada gardu itu sudah mencapai 5.540 kVA dari target 8.000 kVA. Selain penambahan daya, PLN Disjaya juga telah melengkapi gardu itu dengan fasilitas Automatic Change Over (ACO).

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, PLN Jabar Waspadai 3 Daerah Ini

Fasilitas ini berguna untuk mengganti pasokan daya listrik secara otomatis, ketika pasokan utama mengalami gangguan.

Adapun, Asian Games 2018 rencananya akan digelar pada 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Di Jakarta, salah satu venue di Stadion Gelora Bung Karno yang masih dalam proses renovasi.

Kompas TV Panitia penyelenggara Asian Games, INASGOC mengklaim telah menyerap lebih dari 90% dari total anggaran Rp 2 triliun yang dicanangkan pemerintah pada tahun 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com