Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Desember, Harga Beras di Penggilingan Naik

Kompas.com - 03/01/2018, 09:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan harga rata-rata beras jenis medium di tingkat penggilingan pada Desember 2017 mengalami kenaikan sebesar 2,66 persen, atau menjadi Rp 9.526 per kilogram jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, kenaikan harga beras kualitas medium pada Desember 2017 disebabkan meningkatkan permintaan masyarakat.

Di lain sisi pada bulan Desember bukan merupakan masa panen padi melainkan memasuki musim tanam sehingga pasokan beras alami menurun.

"Pada Desember ini merupakan musim tanam, panen raya akan masuk pada Januari-Maret 2018," ujar Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Baca juga : Harga Beras Naik, Pemerintah Segera Lakukan Operasi Pasar

Suhariyanto mengatajan, kenaikan harga beras juga terjadi pada beras kualitas premium menjadi Rp 9.860 per kilogram atau naik 3,37 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

Sementara rata-rata harga beras kualitas rendah di penggilingan sebesar Rp 9.309,00 per kilogram, naik sebesar 2,98 persen.

Dibandingkan dengan Desember 2016, rata-rata harga beras di penggilingan pada Desember 2017 semua jenis mengalami kenaikan.

Baca juga : Menurut BPS, Harga Beras Medium Alami Kenaikan

"Kualitas premium sebesar 5,54 persen, medium sebesar 5,04 persen, dan kualitas rendah sebesar 7,52 persen," jelasnya.

Kompas TV Harga sembako di beberapa daerah naik jelang tahun baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com