BP Batam: Xiaomi Berencana Tambah Kapasitas Pabriknya

Kompas.com - 24/01/2018, 09:30 WIB
Pekerja di PT Satnusa Persada merakit smartphone Xiaomi Mi A1. David Oliver Purba/KOMPAS.comPekerja di PT Satnusa Persada merakit smartphone Xiaomi Mi A1.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP) Batam menyebut pihak Xiaomi berencana melakukan ekspansi bisnisnya lebih besar lagi.

Saat ini, Xiaomi sudah mengembangkan bisnis di Indonesia bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada selaku pabrik yang merakit komponen ponsel-ponsel Xiaomi di Batam.

"Saat saya berkunjung ke sana, perwakilan Xiaomi datang ke situ dan bilang mereka punya rencana ekspansi menambah kapasitas (pabriknya)," kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018) malam.

Menanggapi wacana itu, Lukita memastikan langsung kepada pihak Xiaomi bahwa BP Batam siap mencarikan lahan bila rencana ekspansi terealisasi.

Lukita juga menjanjikan membantu proses perizinannya, dengan catatan Xiaomi selaku investor berkomitmen dan serius untuk melakukan ekspansi bisnisnya.

Rencana ekspansi dari Xiaomi disebut Lukita masih dalam tahapan penjajakan. Sehingga, masih terbuka kemungkinan-kemungkinan lain tergantung pada kondisi saat ini dan masa yang akan datang seperti apa.

"Kalau usul, kami rasa lebih baik kalau supplier mereka juga dibangun di Batam, jadi ekosistem bisnisnya terbangun di Batam. Kami sampaikan kemudahannya apa, ada bandara, pelabuhan, bisa mendukung logistik mereka," tutur Lukita.

Terhadap keberadaan pabrik di sana saat ini, Lukita memastikan Xiaomi puas dengan tingkat produksi yang dapat dihasilkan dan terus meningkat.

Kemudahan berinvestasi memang menjadi salah satu fokus kerja BP Batam, mengingat pertumbuhan ekonomi Batam 2018 ditargetkan sebesar 7 persen ditambah market ponsel Xiaomi di dunia yang berkembang pesat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X