Sri Mulyani, Satu Lagi Alumni UI yang Harumkan Nama Bangsa - Kompas.com

Sri Mulyani, Satu Lagi Alumni UI yang Harumkan Nama Bangsa

Kompas.com - 12/02/2018, 15:29 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati baru saja dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di dunia oleh World Government Summit di Dubai.

Penghargaan ini adalah penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada tahun 2016.

Universitas Indonesia ( UI) mengapresiasi prestasi Sri Mulyani. Menurut almamaternya tersebut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut adalah salah satu alumni UI yang kembali mengharumkan nama bangsa.

Sri dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya menjadi penerima pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut.

Baca juga : Tinggalkan Podium, Jokowi Hampiri Sri Mulyani dan Ucapkan Selamat

"Sri Mulyani mengukuhkan dirinya sebagai salah satu alumni UI yang mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," tulis UI dalam laman resminya, Senin (12/2/2018).

Sri Mulyani merupakan alumni angkatan 1981 Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang dulu bernama Fakultas Ekonomi UI. Ia lulus sebagai Sarjana Ekonomi di tahun 1986.

Sri Mulyani melanjutkan jenjang akademiknya ke University of Illinois Urbana Champaign, Amerika Serikat dengan mengambil gelar master dan Ph.D dalam bidang ekonomi di universitas tersebut.

Ia menjabat sebagai Menteri Keuangan dari tahun 2005 sampai tahun 2010. Pada tahun 2008 dan 2014, Sri Mulyani disebut majalah Forbes sebagai wanita paling berpengaruh di dunia, sekaligus wanita paling berpengaruh di Indonesia.

Baca juga : Jadi Menteri Terbaik Dunia, Sri Mulyani Dedikasikan untuk Jokowi dan 257 Juta Rakyat Indonesia

Tahun 2007 dan 2008, majalah Emerging Markets memilih Sri Mulyani sebagai Asia’s Finance Minister of The Year.Bukan hanya itu, pada 5 Mei 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Pada tahun 2016, Sri Mulyani kembali ke Indonesia dan turut berperan dalam era pemerintahan Jokowi sebagai Menteri Keuangan.

Belum setahun kepemimpinannya, ia mendapatkan predika sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia 2017 oleh majalah Finance Asia yang berkedudukan di Hong Kong.

Penetapan gelar Menteri Terbaik yang didapatkan Sri Mulyani ini dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

Baca juga : Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia Versi World Government Summit

 

Adapun World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia dalam suatu forum dialog global.

World Government Summit dihadiri lebih dari oleh lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara dan lembaga internasional.

Kompas TV Menkeu Sri Mulyani Kecewa Pegawai Pajak Terlibat Suap




Close Ads X