Sering Kecelakaan Kerja, Kemenkeu Akan Evaluasi Belanja Proyek Strategis Nasional

Kompas.com - 20/02/2018, 20:10 WIB
Kondisi girder tol Becakayu di jalan DI Panjaitan, Selasa (20/2/2018)Kompas.com/Setyo Adi Kondisi girder tol Becakayu di jalan DI Panjaitan, Selasa (20/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Anggaran akan mengevaluasi belanja negara untuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

Evaluasi dilakukan dalam rangka menyikapi kecelakaan kerja yang terjadi belakangan ini, dengan kasus terbarunya yaitu kecelakaan kerja di tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada Selasa (20/2/2018) dini hari.

"Evaluasi belanja PSN, dari evaluasi itu kami akan lihat efektivitasnya. Nanti akan dapat masukan, apakah dipercepat atau dilakukan penyesuaian dan lain sebagainya," kata Direktur Jenderal Anggaran Askolani di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa sore.

Askolani menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan saat ini apakah akan ada penambahan atau pengurangan terhadap belanja PSN dalam APBN 2018.

Evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh dan menyertakan berbagai pertimbangan untuk sebelum mengambil keputusan yang tepat.

"Kami akan lihat dulu aktivitas belanja-belanja infrastruktur yang telah ditetapkan, termasuk di PSN," tutur Askolani.

Dari data kegiatan belanja modal kementerian atau lembaga per 14 Februari 2018 sudah ada Rp 35 triliun atau setara dengan 17,1 persen dari total pagu belanja modal yang telah dikontrakkan.

Instansi yang belanja paling banyak adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan total pagu yang sudah dikontrakkan Rp 20,7 triliun atau 27,4 persen dari total belanja modal.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X