Banyak Kasus Narkoba, Fadli Zon Minta Bandara Tidak Dikelola Swasta

Kompas.com - 24/02/2018, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengingatkan agar bandara dan pelabuhan sebaiknya tidak dilakukan skema kerja sama dengan swasta. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah memiliki otoritas penuh terhadap dua jenis tempat itu yang belakangan ini jadi sorotan usai maraknya penyelundupan narkoba via laut dan udara.

"Negara harus menguasai sepenuhnya infrastruktur vital seperti bandara dan pelabuhan, karena keduanya merupakan pintu gerbang penting yang menjadi salah satu perbatasan kita dengan dunia luar," kata Fadli melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (24/2/2018).

Fadli menyebutkan, dengan wewenang penuh pengelolaan bandara serta pelabuhan oleh pemerintah, maka kontrol serta antisipasi terhadap upaya penyelundupan narkoba bisa dimaksimalkan.

Dia juga mengkritik rencana pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang akan bekerja sama dengan swasta untuk pengelolaan puluhan bandara dan pelabuhan.

Baca juga: Diundang Fadli Zon, Menteri Susi Pilih Resmikan Pasar Ikan Muara Baru

"Pengelolaan bandara dan pelabuhan tidak boleh semata-mata dilihat dari kacamata untung dan rugi, tapi harus dilihat dari kacamata strategis yang lebih luas," tutur Fadli.

Menurut Fadli, pemerintah akan dia anggap tidak konsisten jika di satu sisi berupaya memerangi narkoba, namun di sisi lain membuka peluang kerja sama pengelolaan bandara dan pelabuhan dengan pihak swasta.

Dia menilai alasan ekonomi semata tidak bisa dijadikan dasar untuk memutuskan kerja sama dengan swasta.

baca juga: Menhub Buka-bukaan soal Bandara yang Dikelola Swasta

Kompas TV Kebijakan ini diambil untuk mendukung perbaikan pelayanan dan fasilitas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.