Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Latar Belakang Jokowi Bawa Orang-orang Penting ke Tanah Abang?

Kompas.com - 03/03/2018, 13:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tamu-tamu kenegaraan hingga petinggi perusahaan kelas dunia yang berkunjung ke Indonesia, kerap kali diajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengunjungi salah satu pusat penjualan tekstil terbesar di Asia Tenggara yakni Pasar Tanah Abang.

Sebut saja Presiden Filipina Rodrigo Duterte, hingga Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional International Moneter Fund (IMF) Christine Lagarde diajak blusukan oleh Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, ada alasan kuat mengapa Presiden Jokowi gemar mengajak tamu pentingnya berkunjung ke Pasar Tanah Abang

"Untuk memberikan perspektif baru bahwa pemerintah kita ini down to earth," ungkap Luhut saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Selain itu, lanjut Luhut, dengan kunjungan tersebut Presiden juga menginginkan atau menunjukkan kepada dunia bahwa ada kekuatan besar di dalam tubuh perekonomian nasional yakni tingginya sektor perdagangan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Pejabat itu jangan hanya dengar angka dari kita, tapi mereka harus melihat sendiri, market jalan tidak," tegasnya.

Kendati demikian, Luhut menambahkan, ada atau tidaknya dampak dari kunjungan beberapa pemimpin dunia dan petinggi perusahaan internasional bukanlah menjadi tolak ukur utama, sebab, dalam sektor perdagangan ada kalanya sedang tumbuh tinggi atau stagnan.

"Pasti ada kalanya sepi, dan ramai. Pemerintah ini juga baiknya ada, tapi kurangnya ada juga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com