Program Perhutanan Sosial Diperluas hingga Luar Jawa

Kompas.com - 09/03/2018, 22:53 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan pemerintah secara bertahap memperluas Program Perhutanan Sosial yang saat ini telah berlangsung. Nantinya, program tersebut tidak hanya menyasar hutan yang ada di Pulau Jawa, melainkan hingga ke luar Jawa dalam rangka pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia.

"Program Perhutanan Sosial saat ini telah mencapai 1,4 juta hektare dan terus bertambah di tahun-tahun yang akan datang, baik di Jawa maupun di luar Jawa," kata Darmin melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (9/3/2018).

Total luasan lahan untuk Program Perhutanan Sosial adalah 12,7 juta hektar. Baru-baru ini, Darmin bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri BUMN Rini Soemarno menyambangi Bojonegoro, Blitar, dan Malang.

Kedatangan mereka di tiga tempat di Jawa Timur itu dalam rangka menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pemanfaatan Hutan dalam Program Perhutanan Sosial kepada 13 kelompok tani. Melalui penyerahan SK tersebut, kelompok tani di sana secara resmi dapat memanfaatkan lahan di kawasan hutan sebagai modal mengatasi kesenjangan ekonomi di daerahnya.

Baca juga : Rupiah Melemah, Darmin Sebut Tidak Perlu Khawatir soal Utang

Adapun total luasan lahan yang diizinkan untuk dimanfaatkan di tiga tempat itu adalah 8.975,8 hektar. Rinciannya, di Kabupaten Bojonegoro seluas 1.494,2 hektar untuk 1.342 KK (Kepala Keluarga), Kabupaten Blitar seluas 1.399,6 hektar bagi 1.284 KK, dan Kabupaten Malang dengan luas 6.092 hektar untuk 6.517 KK.

"Lewat pemanfaatan lahan dari Program Perhutanan Sosial, masyarakat sudah menanam jagung di antara tegakan sengon dan jati dengan menggunakan pola tumpangsari," tutur Darmin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X