Pizza Hut akan Segera Melantai di BEI - Kompas.com

Pizza Hut akan Segera Melantai di BEI

Kompas.com - 13/03/2018, 12:02 WIB
ILUSTRASI - PizzaThinkStock ILUSTRASI - Pizza

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sari Melati Kencana, pengelola restoran cepat saji Pizza Hut akan mencatatkan saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia ( BEI). Pizza Hut menargetkan saham perdana akan tercatat di BEI pada 22 Mei 2018.

"Kami akan menawarkan saham IPO sebesar 30 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor," ucap Alwin Arifin, Direktur Utama PT Sriboga Flour Mill, induk usaha Sari Melati Kencana, seperti dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (13/3/2018).

Alwin mengatakan, Sari Melati akan menggunakan dana IPO untuk mendukung ekspansi usaha. Namun dia tidak menjelaskan berapa target dana yang akan dihimpun dalam aksi korporasi tersebut.

Saat ini, Pizza Hut memiliki 400 gerai di seluruh Indonesia. Dalam dua tahun ke depan, Sari Melati Kencana akan ekspansi hingga 100 gerai Pizza Hut. Untuk satu gerai, anak usaha grup Sriboga ini membutuhkan investasi berkisar Rp 3 miliar hingga Rp 8 miliar.

Baca juga: Melantai di BEI, Saham AirAsia Terus Terbang

Pizza Hut merupakan bagian dari holding PT Sriboga Raturaya yang berdiri pada tahun 1995 silam. Dari sini, Sriboga Flour Mill merupakan pemisahan dari Sriboga Raturaya pada 2011. Jaringan ritel grup ini terdiri dari Pizza Hut, Marugame Udon, dan Sriboga Bakeries Integra.

Dalam aksi IPO tersebut, Sari Melati Kencana menunjuk tiga penjamin emisi, yakni CLSA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan CIMB Sekuritas.

Sementara Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christine Natasya berpendapat, dengan bisnis yang cukup bagus, IPO pengelola jaringan resto Pizza Hut ini kemungkinan akan cukup diminati oleh para investor. Apalagi, manajemen akan menggunakan dana hasil IPO untuk kebutuhan ekspansi.

"Akan bagus bagi perusahaan tersebut. Apalagi jika manajemen akan melakukan ekspansi ke Luar Jawa," sebutnya.

Menurut dia, saat ini merupakan momentum yang tepat bagi korporasi untuk mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia. Apalagi, bisnis ritel pada tahun ini mulai membaik dibandingkan kondisi tahun lalu yang cenderung melambat. (Elisabet Lisa Listiani Putri)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Operator Pizza Hut tawarkan 30% saham


Sumber
Komentar
Close Ads X