Kompas.com - 04/04/2018, 15:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyebut kementeriannya sedang berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka penyediaan jaringan 5G untuk menopang sektor industri generasi ke empat atau industri 4.0. Industri 4.0 merupakan perubahan sektor industri di dunia yang dipengaruhi oleh maraknya perkembangan teknologi serta internet.

"Industri 4.0 membutuhkan kecepatan data secepat 5G. Kalau datanya pakai yang lemot, itu apa yang terjadi di pabrik dan yang dimonitor akan ada time lag, waktu yang tidak cocok," kata Airlangga dalam gelaran Indonesia Industrial Summit 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/4/2018).

Untuk mewujudkan jaringan internet dengan kecepatan 5G, Kementerian Perindustrian berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membahas regulasinya serta menggandeng PT Telkom selaku operator penyedia layanan internet untuk perencanaan teknisnya.

Rencana menerapkan jaringan 5G ini ditargetkan mulai terlaksana saat perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Pelaksanaannya nanti masih bersifat uji coba berupa prototipe kawasan industri dengan jaringan internet 5G.

Airlangga turut menyinggung prediksi tentang maraknya cyber attack ke depan. Sehingga, dari segi infrastruktur digital, industri di Indonesia harus kuat dan memiliki aspek keamanan atau digital security yang mumpuni.

Secara umum, ada lima sektor industri yang disiapkan pemerintah untuk menyongsong industri 4.0. Industri yang dimaksud adalah industri makanan dan minuman, tekstil, otomotif, elektronik, dan kimia.

Guna mewujudkan industri generasi ke empat, pemerintah turut merancang peta jalan dengan nama Making Indonesia 4.0 yang memuat sejumlah inisiatif untuk diterapkan. Salah satu garis besar dari inisiatif dimaksud adalah mempersiapkan tenaga kerja yang andal serta keterampilan khusus untuk penguasaan teknologi terkini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.