Evaluasi Tol Jakarta-Cikampek oleh BPTJ Tujukkan Hasil Positif

Kompas.com - 08/04/2018, 20:00 WIB
Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah memasuki wilayah Karawang. KOMPAS.com/Farida FarhanPembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah memasuki wilayah Karawang.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) merilis hasil Evaluasi Kebijakan Tol Jakarta dan Rencana Paket Kebijakan Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang.

Hasil tersebut menunjukkan keberhasilan penerapan tiga paket kebijakan Tol Jakarta-Cikampek.

Dalam hasil evaluasi tersebut ditunjukkan VC Ratio (perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) di tol Cikampek mengalami penurunan.

Setelah tiga minggu penerapan, terdapat penurunan rata-rata VC Ratio Jalan Tol Jakarta Cikampek sebesar 51,29 persen dari 1,05 menjadi 0,48, dan kenaikan rata-rata VC Ratio arteri kalimalang sebesar 6,61 persen dari 0,55 menjadi 0,61.

hal itu berarti bahwa orang menggunakan jalan alternatif Kalimalang karena ada kebijakan ganjil genap. Mereka pindah ke pintu tol yang lain, menggunakan Kalimalang.

Baca juga : BPTJ Usulkan Pengenaan Tarif Progresif untuk Mobil Masuk Jakarta

 

"Tapi VC Ratio 0,6 itu masih aman, masih dalam kategori safe. Peningkatan itu karena mereka pindah pintu tol,” ujar Kepala Badan pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono ketika dihubungi Kompas.com Minggu (08/04/2018).

VC Ratio (Volume/Capacity Ratio) merupakan perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan dalam satu waktu.

VC ratio ditunjukkan dengan angka decimal, jika VC ratio menunjukkan angka kurang dari 1 berarti lalu lintas lancar, dan berlaku sebaliknya.

Melalui data evaluasi tersebut juga ditunjukkan terjadi peningkatan rata-rata kecepatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 41,34 persen dari 23,13 menjadi 35,61 sementara di arteri Kalimalang terjadi peningkatan rata-rata sebesar 11,66 persen dari 17,12 mnejadi 19,92.

Sebagai infromasi, terhitung sejak Senin (12/03/2018) diberlakukan tiga paket kebijakan di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kebijakan tersebut meliputi penerapan ganjil-genap, laju khusus angkutan umum, dan pembatasan angkutan barang sumbu III, IV, dan V.

Baca juga : Hari Kedua, Ganjil Genap Kurangi Kepadatan Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas TV Sistem ganjil-genap di tol Bekasi akan menimbulkan peraturan baru.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X