KA "Sleeper" Mirip "First Class" di Pesawat Siap Beroperasi Lebaran - Kompas.com

KA "Sleeper" Mirip "First Class" di Pesawat Siap Beroperasi Lebaran

Kompas.com - 14/04/2018, 08:09 WIB
Sleeper train di Malaysia jauh lebih nyaman di banding sleeper bus.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Sleeper train di Malaysia jauh lebih nyaman di banding sleeper bus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan gerbong kereta sleeper sudah bisa melayani penumpang pada Lebaran bulan Juni mendatang. Gerbong sleeper ini merupakan jenis kereta mewah yang layanannya akan mirip dengan first class di pesawat terbang.

"Sebelum lebaran ini empat kereta tersebut akan datang. Kami berharap, Lebaran nanti bisa dioperasikan," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro kepada pewarta di Stasiun Gambir, Jumat (13/4/2018).

Edi menyebutkan, disebut sleeper karena penumpangnya bisa mengatur tempat duduknya sampai ke posisi tidur. Hal ini sama dengan seat penumpang di pesawat first class yang selama ini tidak hanya bisa tidur, namun juga dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti televisi, sajian makanan, dan sebagainya.

Mengenai harga tiketnya, perkiraan sementara bisa di atas Rp 900.000, lebih mahal dari harga tiket kereta priority. Nantinya, kelas sleeper ini akan melebihi kelas priority selaku layanan kereta paling mewah di Indonesia sampai hari ini.

Baca juga: PT KAI Segera Luncurkan Kereta Sleeper

"Penumpangnya bisa betul-betul selonjoran buat tidur. Kami siapkan ini untuk kereta jarak jauh, dari Jakarta ke Surabaya," tutur Edi.

Menurut dia, sudah waktunya masyarakat Indonesia memiliki angkutan umum mewah yang tak kalah dengan yang ada di luar negeri. Terlebih, kereta sleeper ini hasil produksi dalam negeri.

Untuk tahap awal, PT KAI akan mengoperasikan empat unit kereta sleeper di mana masing-masing kereta disertakan di rangkaian kereta yang sudah ada. Jika peminat kereta sleeper banyak, KAI akan mempertimbangkan untuk memperbanyak kereta sleeper ke depannya.


Komentar
Close Ads X