Kompas.com - 25/04/2018, 19:18 WIB
Presiden Jokowi (Kemeja Putih) sedang memberikan instruksi saat meninjau Pabrik Kaltim-5 milik PT Pupuk Kaltim di Bintang, Kamis (19/11/2015) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAPresiden Jokowi (Kemeja Putih) sedang memberikan instruksi saat meninjau Pabrik Kaltim-5 milik PT Pupuk Kaltim di Bintang, Kamis (19/11/2015)

KOMPAS.com - Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan optimalisasi kinerja lingkungan dengan menaruh perhatian pada pengelolaan pabrik pupuk yang peduli lingkungan.

Catatan yang diterima Kompas.com dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah holding PT Pupuk Indonesia itu menunjukkan bahwa optimalisasi tersebut terkait juga dengan peningkatan produksi pupuk.

Pada laman pupukkaltim.pktbersih.com terdapat data jumlah produksi terkini tiga jenis pupuk. Dalam setahun, Pupuk Kaltim memproduksi 3,43 juta ton pupuk urea.

Lantas, dalam satu tahun pula, produksi pupuk amoniak mencapai 2,74 juta ton.

Selanjutnya, produksi pupuk NPK per satu tahun mencapai angka 350.000 ton.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana menerangkan dalam siaran pers itu beberapa capaian yang ada kaitannya dengan lingkungan. Misalnya, penyelamatan sumber daya air di Kampung Malahing. (Baca: Kampung di Atas Laut Kota Bontang)

Kampung Malahing adalah kawasan permukiman warga di atas air, sekitar 30 menit dari kota Bontang dengan menggunakan transportasi ketinting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warga di Kampung Malahing sangat kesulitan air bersih. Pupuk Kaltim melakukan inovasi dengan memanfaatkan air hujan yang disaring dengan menggunakan sandfilter.

“Dengan adanya pengolahan air hujan menjadi air bersih, masyarakat Malahing saat ini mampu memproduksi air bersih secara mandiri dan harga yang sangat terjangkau,” kata Bagya.

Direktur utama

Lobster.Getty/Independent Lobster.

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, dalam kaitan dengan kinerja lingkungan, mewujudkan perubahan di kawasan pesisir Bontang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.