Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT ke-20, Kementerian BUMN Adakan Fun Bike di Eks Pabrik Gula

Kompas.com - 30/04/2018, 10:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperingati hari jadinya yang ke-20 dengan menyelenggarakan beragam kegiatan di Colomadu, bekas pabrik gula di Karanganyar yang disulap menjadi obyek wisata. Salah satu kegiatan yang dilangsungkan di sana adalah Fun Bike BUMN Tour De Tjolomadoe 2018.

Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan itu sebanyak lebih dari 7.500 orang. Ajang bersepeda tersebut menempuh jarak 20 kilometer.

Funbike tersebut merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir di Tjolomadoe setelah sehari sebelumnya dilaksanakan rapat koordinasi seluruh pimpinan BUMN dan festival kartini BUMN. Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan Colomadu Karanganyar merupakan ikon untuk daerah Solo dan sekitarnya.  

"Kegiatan ini juga bertujuan memasyarakatkan sehat dengan fun bike," kata Rini dalam pernyataannya, Minggu (29/4/2018).

Baca juga: Karena Ide Presiden Jokowi, Bekas Pabrik Gula Ini Berubah Fungsi Jadi Concert Hall

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono yang tandem bersepeda bersama Rini menuturkan, lintasan fun bike tersebut mengesankan.

Ia juga berharap, hari jadi Kementerian BUMN dapat mendorong kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah ke depannya.

Kegiatan fun bike ini secara tidak langsung berdampak langsung pada bisnis. Armada transportasi darat dan udara, hotel dan penginapan, makanan dan industri lainnya. "Ini yang dimaksud bahwa BUMN hadir untuk negeri itu membawa manfaat untuk masyarakat terbukti seperti apa yang dilakukan di Tjolomadoe," sebut Maryono.

Colomodu merupakan Pabrik Gula yang telah direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial yang kini namuanya berubah menjadi De Tjolomadoe.

Pabrik gula tersebut didirikan pada tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV dan pada tahun 1928 mengalami perluasan area lahan tebu dan perombakan arsitektur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com