Menperin Incar Peningkatan Investasi Ceko di Indonesia

Kompas.com - 03/05/2018, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Ceko sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan kedua negara, terutama melalui penguatan kerja sama di sektor industri.

Kesepakatan itu tercapai setelah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Ceko, Vladimir Bratl bertemu di Praha, Rabu (2/5/2018).

“Seharusnya kerja sama perdagangan yang terjadi saat ini bisa lebih ditingkatkan. Untuk itu, Indonesia menargetkan peningkatan volume perdagangan antar kedua negara sebanyak dua kali lipat,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (3/5/2018).

Ceko merupakan mitra dagang Indonesia terbesar nomor empat di kawasan Eropa Tengah dan Timur setelah Rusia, Ukraina dan Polandia. Selama kurun waktu 2010-2015, total nilai investasi Ceko di Indonesia mencapai 34,35 juta dollar AS.

Kemudian pada periode 2016-2017, investasi Ceko di sektor manufaktur mencapai 499.500 dollar AS untuk tiga proyek yang meliputi industri logam dasar, barang logam, serta mesin dan elektronik.

Setidaknya ada beberapa potensi kerja sama industri yang diyakini Airlangga bisa dikembangkan lagi oleh Indonesia dan Ceko.

Industri tersebut di antaranya adalah industri pertahanan, gelas, keramik, pembangkit listrik tenaga air, serta pesawat terbang (komponen dan MRO).

“Kami meyakini kolaborasi Indonesia dan Ceko di sektor industri bisa saling melengkapi dan menguntungkan bagi kedua belah pihak,” imbuh Airlangga.

Selain itu, Airlangga menyampaikan bahwa Pemerintah Ceko juga ingin bermitra dengan Indonesia dalam pengembangan industri berbasis mineral. Hal ini sejalan dengan fokus Kementerian Perindustrian dalam upaya mendorong hilirisasi di dalam negeri agar meningkatkan nilai tambah sumber daya alam lokal.

“Kami telah memfasilitasi melalui pembangunan sejumlah kawasan industri terpadu, khususnya di luar Jawa,” sambungnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.