Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Mentan Janji Tekan Harga Beras

Kompas.com - 09/05/2018, 14:36 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com—Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengklaim harga beras cenderung stabil. Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, dia bahkan berjanji menekan harga beras hingga semurah-murahnya.

"Kita tekan harga serendah-rendahnya. Itu perintah Pak Presiden. Kita tunggu di pasar nanti," ujar Amran di kantor Perum Bulog, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Amran mengatakan, dia telah menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Bulog untuk percepatan serapan gabah petani dan menstabilkan harga beras.

Baca juga: Jelang Lebaran, Pemerintah Fokus Turunkan Harga Beras dan Daging

Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, kata dia, harga pangan harus segera diturunkan menjelang bulan puasa dan Lebaran. Meski sudah turun di beberapa daerah, ujar dia, harga beras masih harus diturunkan lagi agar lebih stabil.

"Yang jelas stok pangan strategis aman, lebih dari cukup untuk Ramadhan dan Idul Fitri. Bahkan untuk setelah itu," kata Amran.

Jelang bulan puasa, pemerintah akan menaikkan pasokan beras hingga 30 persen dari biasanya. Untuk melihat kondisi beras yang aman, indikatornya bisa dilihat dari stabilnya serapan Bulog stabil dan tingginya suolai untuk Pasar Induk Cipinang.

Baca juga: Mentan Klaim Stok Pangan Aman buat Ramadhan, Kalau Bisa Harga Turun

"Suplai masuk Cipinang 41.000 ton hari ini. Standarnya 25.000-30.000 ton. Stok beras jauh di atas standar. Sehingga kita simpulkan aman," kata Amran.

Amran mengatakan, tak hanya stok beras yang cukup tetapi juga komoditas lain mulai dari gula, daging, bawang merah, cabai, hingga telur ayam.

"Kami bersama Bulog, BUMN, Kementerian Perdagangan, TNI, bersama-sama melakukan operasi pasar bila diperlukan. Yang penting sekarang stok kita aman," kata Amran.

Tak hanya itu, jika dulu Indonesia tergantung impor jagung, bawang, dan ayam, sekarang kita sudah bisa mengekspor bahan pangan tersebut. Karenanya, Amran meminta masyarakat tak khawatir.

"Kita harap tahun ini lebih stabil dari tahun lalu," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com