Luhut Sebut Kertajati Bakal Jadi Salah Satu Bandara Tersibuk

Kompas.com - 24/05/2018, 19:08 WIB
Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat di Bandara Kertajati, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat di Bandara Kertajati, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati akan menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia.

"Jadi ini nanti akan sangat sibuk sekali. Nah ini akibatnya akan mengurangi traffic di Jakarta juga, sehingga ekonomi di sini akan tumbuh," ujar Luhut di Bandara Kertajati, Kamis (24/5/2018).

Luhut menambahkan di Bandara Kertajati ini juga akan dibangun aerocity. Pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 3.000 hektar untuk membangun aerocity.

"Jadi nanti itu aerocity akan memberikan pertumbuhan ekonomi yang akan lebih bagus lagi di daerah ini," kata Luhut.

Baca juga: Dua Maskapai Ini Akan Terbang Perdana di Bandara Kertajati

Luhut mengungkapkan, nantinya Bandara Kertajati akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban dan akan tersambung dengan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

"Nanti akan ada jalan tol dari Bandung kemari, akan meng-cover dari Cirebon, Bandung, kemudian Patimban, kemudian industrial estate, sekarang yang kita proses antara Bekasi, Karawang dan Purwakarta," ucap dia.

Tak hanya itu, lanjut Luhut, akses ke Bandara Kertajati ini juga akan semakin mudah jika sudah tersambung dengan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Kita juga berpikir bahwa nanti kereta cepat Jakarta-Bandung bisa juga link kemari, sampai ke Jogja, Solo. Ini merupakan pengembangan kita, lihat sampai 5 sampai 10 tahun nanti," ujar Luhut.

Kompas TV Menhub menyatakan, Bandara Kertajati siap digunakan pada Juni 2018 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X