Cegah Macet di "Rest Area", Jasa Marga Sediakan Informasi Slot Parkir - Kompas.com

Cegah Macet di "Rest Area", Jasa Marga Sediakan Informasi Slot Parkir

Kompas.com - 09/06/2018, 13:36 WIB
Kendaraan melintas pada pembangunan tempat istirahat di Tol Gempol-Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2018). Tol tersebut merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa dengan panjang 34,15 kilometer dan beroperasi secara fungsional pada Lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan melintas pada pembangunan tempat istirahat di Tol Gempol-Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2018). Tol tersebut merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa dengan panjang 34,15 kilometer dan beroperasi secara fungsional pada Lebaran 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) menyertakan informasi ketersediaan slot parkir kendaraan di akses masuk rest area selama masa angkutan Lebaran 2018.

Hal itu dilakukan guna mencegah kepadatan di dalam rest area, sehingga pengendara bisa menghindari parkir di dalam jika kondisinya sudah penuh.

"Kami tambah informasi slot parkir kayak di mal, parkir yang tersisa sekian. Kalau kurang, di depannya (tersedia) sekian. Jadi masyarakat jangan memaksa masuk parkir," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani saat ditemui Kompas.com di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/6/2018).

Desi mengungkapkan, total rest area di ruas tol Jasa Marga sebanyak 67 titik.

Jumlah rest area itu termasuk yang permanen maupun yang sementara dan parking bay, di mana parking bay merupakan rest area yang tidak ada tenant dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Baca juga: Ini Strategi Jasa Marga Hindari Penumpukan Kendaraan di Rest Area

Selain menyediakan informasi slot parkir kendaraan, Jasa Marga juga menambah fasilitas mobile toilet di tiap rest area supaya pengendara yang ingin buang air kecil maupun besar tidak perlu antre terlalu lama.


Selain itu, juga disiapkan poliklinik serta penjualan bahan bakar minyak (BBM) sebagai bentuk kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Pertamina.

Rest area juga disediakan Jasa Marga di ruas tol yang diberlakukan secara fungsional. Rest area yang bersifat sementara atau temporer itu memiliki fasilitas tempat istirahat, toilet, dan tempat shalat yang dibuat lebih luas di mana lokasinya menggunakan satu dari dua jalur tol fungsional.

Kompas TV Di hari pertama arus mudik lebaran 2018 tol Cikampek sudah mulai dipadati kendaraan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X