Kompas.com - 13/06/2018, 09:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun di bawah 1.300 dollar AS per ounce pada akhir perdagangan Selasa atau Rabu pagi (13/6/2018) waktu Indonesia.

Harga jatuh setelah pertemuan yang sangat dinanti-nantikan antara pemimpin tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Singapura berakhir, dan menjelang perkiraan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 3,8 dolar AS atau 0,29 persen, menjadi ditutup di 1.299,4 dolar AS per ounce.

Indeks dollar AS, yang mengukur nilai tukar dollar AS terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,23 persen menjadi 93,820 pada pukul 20.00 GMT.

Emas dan dolar AS biasanya bergerak berlawanan arah. Jika dolar AS naik maka emas berjangka akan turun. Hal ini karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli turun 6,1 sen AS atau 0,36 persen, menjadi menetap di 16,891 dolar AS per ounce.

Platinum untuk penyerahan Juli turun 4,9 dolar AS atau 0,54 persen, menjadi ditutup pada 901,5 dolar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.