Calon Penumpang Datang Lebih Awal, Stasiun Pasar Senen Padat

Kompas.com - 13/06/2018, 12:45 WIB
Penumpukan penumpang terjadi di pelataran Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu (13/6/2018). KOMPAS.com/Mutia FauziaPenumpukan penumpang terjadi di pelataran Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu (13/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpukan calon penumpang kereta terpantau terjadi di Stasiun Pasar Senen, pada Rabu (13/6/2018).

Executive Vice President (EVP) Daerah Operasi I PT Kereta Api Indonedia (KAI) R Dadan Rusdiansyah mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi penumpukan penumpang dengan memajukan waktu boarding lebih awal.

Menurutnya, penumpukan terjadi karena masih banyak calon penumpang yang datang jauh lebih awal dari waktu keberangkatan.

Baca: Laris Manis Kereta Sleeper

"Kami kerja keras lagi untuk pengaturan di zona 2 (pengecekan identitas sebelum memasuki peron), kalau di zona 3 (area bebas) itu terjadi penmpukan karena masih banyak calon penumpang yang datang jauh lebih awal dari rencana keberangkatannya," jelas dia kepada Kompas.com di Stasiun Pasar Senen, Rabu (13/6/2018).

Dirinya menjelaskan, banyak penumpang yang jadwal keberangkatannya pukul 16.00 WIB, tapi sejak pagi pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB sudah datang dan menunggu kereta di pelataran stasiun. Padahal, boarding baru dilakukan satu jam sebelum kereta diberangkatkan.

"Misalnya, yang berangkat jam 4 sore, mereka sudah datang jam 7 atau jam 8, begitu juga yang kereta malam, kereta diberangkatkan jam 11 malam, mereka sudah datang dari sebelum buka," lanjut dia.

Adapun pada H-2 Lebaran ini, jumlah penumpang kereta yang melalui Stasiun Pasar Senen pada pukul 10.00 berjumlah 25.075 penumpang. Dengan rincian, 19.468 penumpang menggunakan KA Reguler, dan 5.607 penumpang lainnya menggunakan KA Tambahan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X