Pemudik Angkutan Udara Diprediksi Tumbuh 11 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 13/06/2018, 14:30 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (13/6/2018) KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERADirektur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (13/6/2018)

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan udara atau pesawat pada Lebaran 2018 meningkat 11 persen.

Jumlah pemudik angkutan udara dihitung dari seat atau tempat duduk di pesawat yang terjual selama musim angkutan Lebaran 2018.

"Total penumpang pesawat kami prediksi sampai 5,9 juta penumpang. Itu sudah dengan kenaikan 10 sampai 11 persen dibanding tahun lalu yang sekitar 5,3 juta penumpang," kata Agus saat ditemui di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/6/2018).

Agus menjelaskan, dari seluruh moda transportasi yang melayani pemudik untuk angkutan Lebaran, angkutan udara merupakan yang paling tinggi jumlah penumpangnya.

(Baca: Stakeholder Penerbangan Wajib Lakukan Ini Selama Libur Lebaran 2018)

Terlepas dari meningkatnya jumlah pemudik angkutan udara, untuk tahun ini ada perubahan tren penumpang pesawat dibandingkan angkutan Lebaran tahun lalu.

Perbedaan yang dimaksud adalah pada puncak arus mudiknya. Jika 2017 puncak arus mudik angkutan udara terjadi pada H-2 Lebaran, tahun ini justru jatuh pada Sabtu (9/6/2018) lalu atau H-6 Lebaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bedanya dengan mudik tahun lalu disebabkan libur tahun ini sudah dari jauh-jauh hari sebelum Lebaran, sehingga masyarakat mudik persis pada awal-awal libur dimulai," ujar Agus.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso melakukan ramp check di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Rabu (13/6/2018) KOMPAS.com/HARIS PRAHARA Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso melakukan ramp check di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Rabu (13/6/2018)

Ia memastikan kelancaran serta keamanan pesawat dari seluruh maskapai yang melayani angkutan mudik tahun ini.

Kepastian itu didapat dari hasil ramp check yang dilakukan jauh sebelum angkutan Lebaran dimulai pada 7 Juni 2018 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.