Moeldoko Ungkap Lima Kesulitan yang Dihadapi Petani Indonesia

Kompas.com - 28/06/2018, 15:46 WIB
Ketua Umum HKTI Moeldoko saat diwawancarai di JCC Senayan, Kamis (28/6/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAKetua Umum HKTI Moeldoko saat diwawancarai di JCC Senayan, Kamis (28/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI), Moeldoko mengatakan, petani Indonesia saat ini mengalami sejumlah permasalahan untuk meningatkan produktivitas pertaniannya.

Permasalahan yang pertama, kata Moeldoko, terletak di persoalan lahan. Menurut dia, saat ini para petani kesulitan meningkatkan produktivitasnya karena keterbatasan lahan.

"Lahan yang kecil itu juga rusak karena penggunaan pestisida dan pupuk anorganik yang berlebihan," ujar Moeldoko di JCC Senayan, Kamis (28/6/2018).

Moeldoko menambahkan, permasalahan lainnya yang harus dihadapi petani adalah akses permodalan. Menurut dia, saat ini para petani masih sulit mengakses perbankan untuk membantu mereka dalam permodalan.

Baca juga: Dollar AS Menguat, Harga Biji Kopi di Tingkat Petani Naik

" Petani kita tidak terbiasa berhubungan dengan perbankan, walau Pemerintah sudah punya KUR," kata Moeldoko.

Selanjutnya kata Moeldoko, para petani di Indonesia juga kesulitan dalam hal teknologi, managerial dan pengolaan pasca panen.

"Lima persoalan ini merupakan suatu kesatuan yang perlu dipecahkan secara bersama-sama, tidak bisa hanya dipecahkan satu per satu," ucap dia.

Kompas TV Moeldoko aktif di Hanura, HKTI, dan pernah menjabat posisi tertinggi di TNI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X