Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Produktivitas, Pertamina Hulu Mahakam Gunakan Teknologi GIS

Kompas.com - 03/07/2018, 15:47 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), salah satu anak usaha BUMN migas, Pertamina Group, menggunakan teknologi geospasial untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kegiatan operasional.

Teknologi ini dapat mendukung program-program lingkungan dan keterlibatan masyarakat yang dijalankan perusahaan di sekitar Blok Mahakam.

Kepala Data Management and Mapping Services Pertamina Hulu Mahakam, Novandy Ritung, mengatakan teknologi Geographic Information System (GIS) memberikan manfaat yang besar kepada program-program lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Wilayah kerja Blok Mahakam terdiri dari 46 pulau-pulau delta kecil yang dikelilingi hutan. Di wilayah ini masyarakat mengembangkan bisnis tambak udang.

“Dengan memiliki gambaran geografis mengenai situasi yang ada, kami memiliki pemahaman yang jelas mengenai risiko lingkungan dan prasyarat konservasi yang dapat mempengaruhi kegiatan operasional kami. Dengan demikian, kami dapat mengelolanya secara tepat dan secara berkesinambungan,” kata Novandy dalam keterangan resminya, Selasa (3/7/2018).

Sementara itu Chief Executive Officer Esri Indonesia, Dr. A. Istamar menuturkan bahwa teknologi GIS tidak hanya meningkatkan produktivitas pekerja, efisiensi dan keamanan, namun juga memberikan return on investment (ROI) yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com