Inilah Cara Menjaga Iklim Pertemanan dengan Rekan Satu Kantor - Kompas.com

Inilah Cara Menjaga Iklim Pertemanan dengan Rekan Satu Kantor

Kompas.com - 05/07/2018, 09:00 WIB
Ilustrasi karyawan profesional mudaSHUTTERSTOCK Ilustrasi karyawan profesional muda

JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil riset, menumbuhkan pertemanan dengan rekan kerja penting lantaran dapat menjaga performa kerja. Rekan kerja juga cenderung bisa membuat kita menjadi lebih bahagia ketika bekerja.

Oleh karena itu, menjadi hal yang penting bagi seorang manajer untuk bisa mendorong persahabatan atau pertemanan di antara karyawannnya.

"Kita tahu, pertemanan dalam dunia kerja dapat meningkatkan rasa memiliki terhadap pekerjaan, sikap di kantor yang lebih baik, serta meningkatkan kepuasan bekerja," ujar Profesor Human Resource and Management Rutgers University Jessica Methot.

Kepercayaan adalah hal yang tumbuh di dalam sebuah pertemanan, hal ini juga turut membantu dalam menumbuhkan suasana bekerja yang menyenangkan di kantor.

"Orang melakukan bisnis dengan orang yang mereka percaya, dan seseorang juga dapat menyerap lebih banyak ilmu di suasana kantor yang nyaman, ujar seoranga ahli serta penulis Diane Gottsman.

Meskipun demikian, di sisi lain, memiliki hubungan baik dengan orang-orang kator dapat memunculkan dampak negatif, seperti gangguan saat bekerja, lebih menyukai seseorang dibandingkan dengan yang lain, menimbulkan gosip, serta permusuhan ketika terjadi konflik.

Maka dari itu, penting untuk menjaga diri sehingga hubungan dengan teman kantor tidak menjadi terlalu dekat. Memang kemampuan untuk bisa menyatu dengan rekan sau kantor penting. Namun, ketika terlalu dekat, dapat memunculkan risiko-risiko seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Berikut adalah kiat untuk bisa berteman baik dengan orang satu kantor:

1. Hargai batasan sesama rekan kerja. Selain itu, ketika merasa tidak nyaman dengan percakapan-percakapan yang sifatnya terlalu pribadi, jangan ragu untuk bicara.

2. Hindari perlakuan khusus, terutama jika sudah memiliki jabatan yang tinggi.

3. Jangan mengelompok sehingga membuat orang lain merasa tersingkir.

4. Usahakan menghindar dari gosip. Jika seseorang memberi informasi-informasi yang tidak perlu, jangan ragu untuk menghentikan percakapan, tentu dengan cara yang sopan.

5. Menjaga iklim kompetisi di kantor juga penting, walau tidak perlu sampai mengorbankan pertemanan hanya demi kompetisi, perlu dipahami bahwa kompetisi untuk bisa mendapatkan promosi bukan berarti saling bermusuhan.


Komentar
Close Ads X