Bangun Terminal Kijing, IPC Investasi Rp 14 Triliun - Kompas.com

Bangun Terminal Kijing, IPC Investasi Rp 14 Triliun

Kompas.com - 12/07/2018, 23:10 WIB
Direktur Utama IPC, Elvyn G Masassya di Kantor Kemenhub, Kamis (12/7/2018).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Direktur Utama IPC, Elvyn G Masassya di Kantor Kemenhub, Kamis (12/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporations (IPC) akan segera membangun Terminal Kijing di Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat.

Direktur Utama Indonesia Port Corporation (IPC) Elvyn G. Masassya mengatakan, total investasi untuk terminal tersebut hingga Rp 14 triliun.

" Investasi total untuk Terminal Kijing Rp 14 triliun," ujar Elvyn di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Elvyn menambahkan, Pencanangan pembangunan Terminal Kijing sendiri sudah dilakukan sejak April 2018.

Baca juga: Kemenhub dan Pelindo II Tanda Tangani Konsesi Pembangunan Pelabuhan Kijing

Setelah, menandatangani Perjanjian konsesi pembangunan dan pengusahaan jasa kepelabuhanan Terminal Kijing, lanjit Elvyn, pihaknya akan memulai pembangunan fisik berupa pemasangan tiang pancang baik di darat maupun di laut.

"Terminal Kijing ini punya 4 terminal, mulai dari dari multi purpose, curah kering, curah cair, dan kontainer. Tahap awal, multi purpose ini yang bisa melayani berbagai jenis barang itu dioperasikan 2019 akhir, insya allah," kata Elvyn.

Teminal Kijing dikembangkan dengan konsep digital port yang dilengkapi peralatan bongkar muat modern. Sejak awal Terminal Kijing dirancang untuk memfasilitasi kegiatan bongkar muat kapal-kapal besar.,

Sebagai salah satu proyek strategis nasional, Terminal Kijing akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Kalimantan. Keberadaannya akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sehingga akan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.



Close Ads X