Kompas.com - 13/07/2018, 06:10 WIB
Lokasi Pelabuhan Patimban pada peta digital. GOOGLEMAPSLokasi Pelabuhan Patimban pada peta digital.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporations (IPC) berminat untuk mengelola Pelabuhan Patimban.

Direktur Utama Indonesia Port Corporation (IPC) Elvyn G. Masassya mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat resmi ke Kementerian Perhubungan terkait ketertarikan tersebut.

"Patimban kami sudah mengirimkan surat letter of intent untuk jadi operator. Nah kalau nanti Kemenhub melakukan lelang tentu kami akan ikut lelang," ujar Elvyn di Kantor Kemenhub, Kamis (12/7/2018).

Elvyn percaya perseroannya mampu mengelola Pelabuhan Patimban dengan baik. Atas dasar itu pihaknya telah mengajukan tawaran resmi ke Kemenhub.

Baca juga: Groundbreaking Pelabuhan Patimban Dijadwalkan Bulan Ini

"Karena kami punya expertise disitu, pengalaman di situ, dan kami punya capital untuk kelola Patimban," kata Elvyn.

Elvyn mengaku telah menyiapkan anggaran jika nantinya ditunjuk secara resmi untuk jadi pengelola Pelabuhan Patimban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kan kebutuhan untuk pengelolaannya itu yang disiapkan 10 persen dari investasi konstruksi. Nah investasi konstruksi itu sekitar Rp 42 triliun, 10 persen nya paling sekitar Rp 2 triliun," ucap dia.

"Kalau kami kelola 100 persen kami harus siapkan 4 triliun, tetapi ketentuannya kan ini kerjasama dengan pihak asing, Jepang, porsi indonesia 51 persen. 51 persen kebutuhannya sekitar Rp 2 triliun, kami memiliki dana untuk Rp 2 triliun itu," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.