Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Berminat Kelola Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 13/07/2018, 06:10 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporations (IPC) berminat untuk mengelola Pelabuhan Patimban.

Direktur Utama Indonesia Port Corporation (IPC) Elvyn G. Masassya mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat resmi ke Kementerian Perhubungan terkait ketertarikan tersebut.

"Patimban kami sudah mengirimkan surat letter of intent untuk jadi operator. Nah kalau nanti Kemenhub melakukan lelang tentu kami akan ikut lelang," ujar Elvyn di Kantor Kemenhub, Kamis (12/7/2018).

Elvyn percaya perseroannya mampu mengelola Pelabuhan Patimban dengan baik. Atas dasar itu pihaknya telah mengajukan tawaran resmi ke Kemenhub.

Baca juga: Groundbreaking Pelabuhan Patimban Dijadwalkan Bulan Ini

"Karena kami punya expertise disitu, pengalaman di situ, dan kami punya capital untuk kelola Patimban," kata Elvyn.

Elvyn mengaku telah menyiapkan anggaran jika nantinya ditunjuk secara resmi untuk jadi pengelola Pelabuhan Patimban.

"Kan kebutuhan untuk pengelolaannya itu yang disiapkan 10 persen dari investasi konstruksi. Nah investasi konstruksi itu sekitar Rp 42 triliun, 10 persen nya paling sekitar Rp 2 triliun," ucap dia.

"Kalau kami kelola 100 persen kami harus siapkan 4 triliun, tetapi ketentuannya kan ini kerjasama dengan pihak asing, Jepang, porsi indonesia 51 persen. 51 persen kebutuhannya sekitar Rp 2 triliun, kami memiliki dana untuk Rp 2 triliun itu," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com