Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Semen dan Baja Belum Teken Deklarasi untuk Menekan Truk Bermuatan Lebih

Kompas.com - 17/07/2018, 14:31 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mencatat asosiasi pengusaha baja dan semen belum meneken deklarasi untuk menghilangkan kendaraan bermuatan dan berdimensi lebih.

"Satu bulan yang lalu kita sudah menandatangani deklarasi, tapi saya ingat asosiasi baja dan semen belum tanda tangan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (17/7/2018).

Budi menambahkan, dirinya sudah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi untuk menyurati kedua asosiasi tersebut. Ia meminta agar kedua asosiasi tersebut mendukung pemerintah untuk memerangi kendaraan yang bermuatan dan berdimensi berlebih.

"Bagi teman-teman logistik saya minta pengertian, apa yang saya lakukan ini bukan untuk membuat ekonomi biaya tinggi. Dengan segala kerendahan hati asosiasi yang belum komit, asosiasi baja dan semen ikuti apa yang kita lakukan," kata Budi.

Kementerian Perhubungan akan melakukan tindakan tegas berupa penilangan atau penurunan muatan kepada kendaraan yang muatan dan dimensinya berlebih.

Rencananya, penegakan hukum terhadap kendaraan tersebut akan dilakukan mulai 1 Agustus 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com