Musim Haji, Pertamina Tingkatkan Distribusi Avtur di 12 Embarkasi Haji

Kompas.com - 18/07/2018, 10:25 WIB
Selama musim haji 2017, persediaan Avtur untuk mengantisipasi kenaikan permintaan mencapai 236 persen dibandingkan kondisi normal, Jumat (28/7/2017) KOMPAS.com / Mei LeandhaSelama musim haji 2017, persediaan Avtur untuk mengantisipasi kenaikan permintaan mencapai 236 persen dibandingkan kondisi normal, Jumat (28/7/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) meningkatkan penyaluran avtur di 12 embarkasi haji. Hal itu guna memastikan pasokan avtur tetap terjaga selama periode keberangkatan jamaah haji yang dimulai pada 17 Juli 2018.

“Penyaluran avtur selama musim haji akan diberikan perhatian khusus agar masyarakat yang ingin berangkat ke tanah suci dapat terbang dengan lancar, aman, dan nyaman,” kata VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/7/2018).

Adapun peningkatan distribusi avtur dilakukan hingga tiga bulan ke depan. Adiatma menyatakan bahwa rata-rata penyaluran avtur pada Juli meningkat 8,5 persen dari 15.000 KL per hari menjadi sekitar 16.900 KL per hari.

Peningkatan distribusi juga dilakukan pada Agustus. Biasanya Pertamina menyalurkan avtur nasional pada bulan tersebut sebesar 15.000 KL per hari.

Namun, untuk penerbangan haji jumlah tersebut ditambah enam persen menjadi 16.500 KL per hari.

"Sementara pada bulan September peningkatannya sebesar 4,8 persen dari rata-rata harian 15.600 KL per hari menjadi 16.000 KL per hari," imbuh Adiatma.

Adiatma menjelaskan ada 12 embarkasi haji di Indonesia yang akan menjadi titik penyaluran avtur, yakni Bandara Kuala Namu Medan Sumatera Utara (KNO), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK), Bandara Juanda Surabaya ( SUB), dan Bandara Hasanudin Makassar (UPG).

Selain itu, peningkatan juga dilakukan di Bandara Sepinggan Balikpapan (BPN), Bandara Minangkabau Padang (PDG), Bandara Hang Nadim Batam (BTH), Bandara Solo Adi Soemarmo (SOC), Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ), Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh (BTJ) dan Bandara Lombok Praya di Lombok (LOP).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X