Dirut PTBA Bersyukur Dollar Terus Menguat terhadap Rupiah

Kompas.com - 23/07/2018, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arviyan Arifin merasa bersyukur dengan kondisi rupiah yang terus melemah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) selama beberapa waktu terakhir.

Penguatan dollar AS terhadap rupiah justru membuat bisnis PTBA semakin menguat lantaran basisnya yang menggunakan dollar AS.

"Ya tentu karena kita itu ekspor dan basis jualan ke PLN itu USD dollar tentunya dampaknya positif dari tadinya Rp 13.500 menjadi Rp 14.500 ya naik lah," kata Arviyan selepas jumpa pers di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Dampak positif kemudian semakin dirasakan PTBA lantaran pengeluarannya diklaim Arviyan relatif kecil.

Baca juga: Moddys: Indonesia Salah Satu Negara yang Terdampak Penguatan Dollar AS

Adapun hal tersebut direfleksikan lewat pertumbuhan laba bersih yang didapat PTBA selama semester I 2018.

PTBA membukukan laba bersih sebesar Rp 2,58 triliun atau meningkat 49 persen dibandingkan periode sama 2017.

Selain laba bersih, PTBA juga mencatat kenaikan pendapatan usaha sebesar Rp 10,53 triliun atau meningkat 17 persen dibandingkan pendapatan usaha pada semester I 2017.

"Pendapatan dari penjualan batu bara ekspor dengan negara tujuan utama seperti China, India, Thailand, dan Hong Kong menjadi penyebab peningkatan nilai pendapatan usaha perseroan," pungkas Arviyan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.