Pekan Depan, BI Mulai Kampanyekan Tukar Kartu GPN - Kompas.com

Pekan Depan, BI Mulai Kampanyekan Tukar Kartu GPN

Kompas.com - 28/07/2018, 14:45 WIB
Suasana peluncuran bersama kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Bank Indonesia, Kamis (3/5/2018). Turut hadir Gubernur BI Agus Martowardojo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Idrus Marham, serta pemangku kepentingan lain dari perbankan, Otoritas Jasa Keuangan, dan perwakilan asosiasi terkait.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Suasana peluncuran bersama kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Bank Indonesia, Kamis (3/5/2018). Turut hadir Gubernur BI Agus Martowardojo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Idrus Marham, serta pemangku kepentingan lain dari perbankan, Otoritas Jasa Keuangan, dan perwakilan asosiasi terkait.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) bekerja sama dengan perbankan akan melakukan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN).

Acara tersebut merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018.

Deputi Gubernur Senior BI Adityaswara mengatakan, kampanye akan dilakukan mulai dari Minggu (29/7/2018).

"Minggu depan kita mulai pekan GPN dengan kegiatan penukaran kartu GPN," ujar Mirza di gedung BI, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Acara penukaran kartu dimulai pada Senin, 30 Juli hingga Jumat, 3 Agustus 2018 di 17 titik se-Indonesia secara serentak. Kegiatan ini diselenggarakan jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Baca juga: Gunakan GPN, Bank Bisa Hemat Rp 7,23 Miliar Per Hari

 

Melalui kegiatan ini, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM atau debit bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN.

Selain dilakukan penukaran kartu dan sosialisasi, kegiatan juga diramaikan dengan kegiatan seni, olahraga, dan hiburan.

Sesuai dengan tema kampanye “GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional”, dengan menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia.

Dengan demikian, akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Selain itu, dengan GPN, keamanan data lebih terjaga karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link).

Masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo.

Baca juga: Ketua YLKI: Jangan Sampai Masyarakat Tidak Percaya GPN

Kompas TV Perbankan mengakui, ada beban biaya yang harus ditanggulangi untuk pembuatan kartu berlogo GPN.


Close Ads X