The Big Start Indonesia 3 Sambangi Bali - Kompas.com

The Big Start Indonesia 3 Sambangi Bali

Kompas.com - 03/08/2018, 06:39 WIB
Ajang Kompetisi The Big Start Indonesia 2017 Blibli.comKOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Ajang Kompetisi The Big Start Indonesia 2017 Blibli.com

BALI, KOMPAS.com - Bali memiliki identitas yang telah melekat sebagai salah satu destinasi wisata utama. Produk-produk buatan lokal turut menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara di pulau yang kerap disebut sebagai Pulau Dewata ini.

Pengusaha lokal terus bertumbuh di daerah ini. Dari catatan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM) Kota Denpasar, peningkatan jumlah UMKM sudah terlihat jelas sejak tahun 2013.

Jumlah UMKM kota Denpasar tahun 2013 sebanyak 11.575 dan pada 2016 meningkat menjadi 30.840 UMKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa potensi bisnis rumahan di Bali bergerak positif setiap tahunnya.

Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina menjelaskan, menilik besarnya potensi UMKM, tahun ini Blibli menggelar The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 di Bali. Event ini dilakukan untuk semakin mendorong pengusaha lokal bisa menembus pasar internasional.

“Tahun ini, TBS Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota, dan Bali menjadi kota ke-3 dalam rangkaian ini," ujar Maria dalam keterangan resmi, Kamis (3/8/2018).

Sebelumnya, TBS Season 2 telah sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu. Sementara itu, TBS Season 3 diharapkan dapat merangkul lebih banyak lagi pengusaha muda. Selanjutnya, para pengusaha muda tersebut akan dikurasi menjadi 20 finalis terbaik.

Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum hingga perlindungan HAKI hingga akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke grand final.

TBS Season 3 akan semakin besar dengan adanya Special Project di malam Grand Final, serta roadshow di 5 kota termasuk Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, dan Jakarta.

Para pengunjung dapat melihat dan berbelanja hasil karya lokal dalam open market, mengikuti talkshow para local heroes atau pengusaha muda masing-masing kota, serta berbagai kegiatan komunitas dan hiburan. Mengenai roadshow TBS Season 3 di Bali sendiri digelar mulai 3-5 Agustus 2018.

"Semangat dan kreativitas para pengusaha muda di tanah air semakin meningkat tiap tahunnya, maka dari itu Blibli.com terus berkomitmen untuk menyediakan arena kompetisi yang bisa membangun dan meningkatkan bisnis UMKM di Indonesia. Harapannya melalui TBS Season 3 ini, kami bisa menciptakan ruang bagi pengusaha kreatif muda untuk terus mengembangkan usaha mereka agar lebih besar lagi dari sekarang," tutup Maria.


Komentar
Close Ads X