KILAS EKONOMI

Ditjen Hubud Perang Lawan Narkoba

Kompas.com - 08/08/2018, 11:12 WIB
Plt Dirjen Hubud M. Pramintohadi Sukarno meminta agar tes narkoba dilakukan terhadap pilot dan personil penerbangan lainnya Dok. Humas Ditjen HubudPlt Dirjen Hubud M. Pramintohadi Sukarno meminta agar tes narkoba dilakukan terhadap pilot dan personil penerbangan lainnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt. Dirjen Perhubungan Udara M. Pramintohadi Sukarno meminta tes narkoba dilakukan terhadap pilot dan personil penerbangan lainnya.

Selain itu, Praminto meminta segenap stakeholder melakukan sosialisasi bertema “ Perang Melawan Narkoba” kepada personil penerbangan di Indonesia.

"Saya perintahkan untuk segera dilakukan lagi tes urine narkoba kepada seluruh inspektur DKPPU oleh Balai Kesehatan Penerbangan (Hatpen) dan diprogramkan secara berkala tanpa pemberitahuan kepada para Inspektur Penerbangan di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dan dalam waktu dekat, agar diadakan sosialisasi “Perang terhadap Narkoba” kepada semua personil penerbangan dan Maskapai Penerbangan di Indonesia," ujar Praminto dalam pernyataan tertulis, Rabu (8/8/2018).

Langkah-langkah itu merupakan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di sektor penerbangan. Apalagi, narkoba yang sangat berbahaya sudah merasuk ke dunia penerbangan nasional.

Baca juga: Bawa Sabu, Pilot Asal Bangladesh dan PNS Kemenhub Ditangkap Polisi

"Kita harus mencegahnya bersama-sama agar tidak mengganggu keselamatan dan keamanan dalam penerbangan!" ujar dia.

Sosialisasi 

Oleh karena itu, Ditjen Perhubungan Udara melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU) mengadakan sosialisasi “Perang Melawan Narkoba” kepada personil penerbangan di kompleks Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (7/8/2018).

Sosialisasi dibuka oleh Direktur KPPU Capt. Avirianto dan dihadiri oleh ratusan pilot dan personil penerbangan lainnya dari perwakilan maskapai penerbangan nasional serta Inspektur di lingkungan Direktorat KPPU.

Acara sosialisasi juga mengundang dua narasumber yaitu Direktur Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen (Pol) Sufyan Syarif dan Penyidik Madya II Dit. Res. Narkoba Polda Metro Jaya AKBP TP Simangunsong.

Capt Avirianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan personil penerbangan nasional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X