Akibat Gempa, Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur Rusak Berat

Kompas.com - 20/08/2018, 14:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur yang menghubungkan Lombok dengan Pulau Sumbawa mengalami rusak berat akibat gempa yang terjadi pada Minggu (19/8/2018) malam.

“Akibat gempa semalam, Pelabuhan Kayangan rusak berat dan akibatnya tidak dapat difungsikan untuk sementara waktu,” ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, Senin (20/8/2018).

Adapun kerusakan infrastruktur dan fasilitas Pelabuhan Kayangan Lombok Timur meliputi causeway dan trestle di dermaga dua yang mengalami penurunan dan dalam keadaan retak. Sementara lapangan parkir yang berada dekat dermaga satu mengalami retak sebagian.

Akibat peristiwa tersebut, Pelabuhan Kayangan tak dapat melayani pelayaran hingga sekarang.

“Setelah kejadian gempa petugas yang ada di pelabuhan meninggalkan lokasi dan listrik dalam keadaan dipadamkan. Oleh karena itu, sejak gempa terjadi tadi malam tidak ada layanan pelayaran di Pelabuhan Kayangan,” jelas Budi.

Budi menambahkan, kegiatan di Pelabuhan Kayangan saat ini hanya sebatas bongkar muatan dari Pelabuhan Poto Tano.

“Karena masih ada guncangan kecil akibat gempa yang masih terasa pagi ini, maka kami akan tetap memantau kondisi terkini di lokasi gempa dan Pelabuhan Kayangan. Semoga kerusakan yang ada dapat segera diperbaiki dan dapat beroperasi dengan normal kembali,” pungkas Budi.

Seperti diketahui, gempa bumi dengan kekuatan 7 magnitudo kembali mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu pukul 21.56 WIB.

Gempa itu pun tak hanya sekali, beberapa gempa susulan dengan kekuatan 5 hingga 5,8 magnitudo terjadi dalam kurun waktu satu jam setelah gempa pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.